PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP PERILAKU DAN PUTUSAN PEMBELIAN

Batjo, Nurdin (2018) PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP PERILAKU DAN PUTUSAN PEMBELIAN. Dinas Journal of Islamic Management and Bussines, 3 (1). pp. 22-40. ISSN http://u.lipi.go.id/1578619700

[thumbnail of JURNAL KOMUNIKASI PEMASARAN 8 untuk Jurnal MBS.docx] UNSPECIFIED
JURNAL KOMUNIKASI PEMASARAN 8 untuk Jurnal MBS.docx
Restricted to UNSPECIFIED

Download (116kB)

Abstract

Globalisasi memiliki imbas yang sangat besar terhadap dunia pemasaran. Dimana terbuka
peluang pasar yang makin besar tetapi memiliki kelemahan yaitu persaingan yang makin ketat dan berat.
Oleh karena itu pemasaran di era globalisasi ini tidak hanya melakukan perbaikan disisi produk, penetapan
harga yang lebih terjangkau dan pendistribusian produk yang kontinyu saja. Tetapi sangat dibutuhkan
komunikasi pemasaran yang efektif agar perusahaan dapat mengkomunikasikan produknya, meningkatkan
citra merek dan menghasilkan keputusan pembelian. Pemasaran merupakan suatu system dan proses social
yang bekecimpung orang dan kelompok agar terpenuhi kebutuhan dan keinginan melalui penciptaan,
penawaran dan penukaran produk serta fungsinya dengan pihak lain. Pemasaran modern berfokus pada
keinginan dan kebutuhan konsumen melalui manajemen pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan
bauran pemasaran yang terdiri dari rancangan sebuah produk, penetapan harga yang terjangkau,
penditribusian yang kontinyu dan promosi atau komunikasi pemasaran atas produk kepada pasar sasarannya.
Komunikasi pemasaran merupakan elemen dari bauran pemasaran yang berfungsi untuk mengkomunikasikan
bahwa akan atau telah tersedianya produk dipasaran beserta atribut-atribut produk yang menyertainya
sehingga tercipta peningkatan citra produk yang berujung pada keputusan pembelian atas produk tersebut.
Bauran komunikasi pemasaran terdiri dari lima elemen pokok seperti periklanan, penjualan personal, promosi
penjualan, pemasaran langsung serta hubungan masyarakat. Dimana kelima elemen ini berbaur satu dengan
lainnya guna tercapai tujuan komunikasi pemasaran yaitu peningkatan citra produk yang berakhir pada
pembelian produk tersebut.

Item Type: Article
Additional Information: 0903027601
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Nurdin Batjo
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:25
Last Modified: 08 Jun 2022 01:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4630

Actions (login required)

View Item View Item