EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE KISAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI SATAP SAMPEANG KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU

Amilah, Amilah (2012) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE KISAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI SATAP SAMPEANG KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Amilah.pdf] Text
Amilah.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Amilah, 2011. Efektivitas Penerapan Metode Kisah Al-Qur’an dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Satap Sampeang Kecamatan
Bajo Barat Kabupaten Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Palopo. Pembimbing I: Dra. Hj. Hurriyah
Said, M.Sos.I. Pembimbing II: Dr. H. M. Zuhri Abu Nawas, Lc., M.A.
Kata Kunci : Efektifitas Metode Kisah, Pembelajaran PAI
Skripsi ini membahas efektivitas penerapan metode kisah dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Negeri Satap Sampeang Kecamatan Bajo Barat
Kabupaten Luwu, berangkat dari permasalahan yaitu: 1) Bagaimana penerapan
metode kisah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri Satap
Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu 2) Bagaimana efektivitas
pembelajaran pendidikan agama Islam yang menggunakan metode kisah-kisah di
SMP Negeri Satap Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu 3)
Bagaimana hambatan penerapan metode kisah dalam pembelajaran pendidikan
agama Islam di SMP Negeri Satap Sampeang Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu.
Tujuan penelitian yaitu ntuk mengetahui efektivitas penerapan metode kisah dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri Satap Sampeang Kecamatan
Bajo Barat Kabupaten Luwu.
Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Populasi siswa 148 dan sampelnya
ditetapkan 30 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.
Peneliti mengumpulkan data di lapangan dengan metode penelitian yaitu observasi,
dengan instrumen wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul
selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis induktif, deduktif dan komparatif
Hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan metode kisah dalam
pembelajaran PAI di SMP Negeri Satap Sampeang guru menggunakan pendekatan
penelitian tindakan kelas (PTK). Efektifitas penerapan metode Kisah dalam
pembelajaran PAI sangat efektif karena siswa SMP Negeri Satap Sampeang menjadi
lebih mudah memahami dan tidak mudah merasa bosan selama mengikuti pelajaran
tersebut, dan berdasarkan hasil angket Efektifitas pembelajaran PAI dengan
menggunakan metode kisah menurut siswa tergolong baik dengan persentase 61.33
%. Hambatan-hambatan dalam penerapan pembelajaran menggunakan metode kisah
di SMP Negeri Satap Sampeang di golongkan dalam 2 hal yaitu faktor internal yaitu
faktor internal siswa dalam hal ini kurang antusiasnya sebagian siswa dalam
pembelajaran dan faktor eksternal, seperti sarana pembelajaran dan alokasi waktu
yang kurang.
xi
Tujuan Penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan
metode kisah-kisah al-Qur’an dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP
Negeri Satap Sampeang Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. 2) Untuk mengetahui
efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam yang menggunakan metode kisah-
kisah al-Qur’an di SMP Negeri Satap Sampeang Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu.
3) Untuk mengetahui hambatan dalam penerapan metode kisah-kisah al-Qur’an
dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri Satap Sampeang
Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:34
Last Modified: 15 Sep 2022 05:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item View Item