PENGARUH REPUTASI DAN PRODUK BANK TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK MUAMALAT PALOPO

YULIANTI, FITRI (2022) PENGARUH REPUTASI DAN PRODUK BANK TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK MUAMALAT PALOPO. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of FITRI YULIANTI.pdf] Text
FITRI YULIANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitri Yulianti, 2022. “Pengaruh Reputasi dan Produk Bank Terhadap Keputusan
Menabung Pada Bank Muamalat Palopo”, Skripsi Program
Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Edi Indra Setiawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan secara simultan
pengaruh reputasi dan produk bank terhadap keputusan menabung pada Bank
Muamalat Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan beberapa teknik analisis data yaitu uji heteroskedastisitas, uji
multikoleniaritas, uji T, uji F, dan uji regresi linear berganda. Adapun sampel dari
penelitian ini yaitu nasabah Bank Muamalat Palopo. Penelitian dilakukan di Bank
Muamalat Palopo dan beberapa tempat lainnya yang memungkinkan untuk
menyebarkan kuesioner penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel reputasi dengan nilai thitung < ttabel (0,678 < 1,985) dengan signifikan 0,499
> 0,05 yang berarti variabel reputasi secara parsial dan signifikan tidak
berpengaruh terhadap keputusan menabung pada Bank Muamalat Palopo, dan
hasil penelitian untuk variabel produk bank dengan nilai thitung > ttabel (5,311 >
1,985) dengan signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya variabel produk bank secara
parsial dan signifikan berpengaruh terhadap keputusan menabung pada Bank
Muamalat Palopo. Sedangkan hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa nilai
Fhitung > Ftabel (31,538 > 3,09) hingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
secara simultan antara variabel reputasi dan produk bank terhadap variabel
keputusan menabung pada Bank Muamalat Palopo. Hasil dari uji koefisien
determinasi sebesar 0,386, yang berarti 38,6% dari variabel Reputasi (X1) dan
Produk Bank (X2) secara simultan berpengaruh kepada variabel Keputusan
Menabung (Y) sebesar 38,6%, sedangkan sisanya sebesar 0,614 yang artinya
61,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Reputasi, Produk, Keputusan Menabung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:43
Last Modified: 31 Oct 2022 01:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4799

Actions (login required)

View Item View Item