EFEKTIVITAS MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PALOPO

HALIM, PUTRI NUR’AENI (2022) EFEKTIVITAS MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PALOPO. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of PUTRI NUR’AENI HALIM.pdf] Text
PUTRI NUR’AENI HALIM.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK
Putri Nur’aeni Halim,2022. “Efektifitas Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah Boarding School Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Alia Lestari dan Sumardin Raupu.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetaui 1) Seberapa besar kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiya Boarding School Palopo sebelum penerapan metode Mind Mapping. 2) Seberapa besar kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Boarding School Palopo setelah penerapan metode Mind Mapping. 3) Apakah metode Mind Mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Boarding School Palopo.
Jenis penelitian adalah quasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Boarding School Palopo. Sampel yang diambil satu kelas yang terdiri dari dua kelas yang ada yaitu kelas VII.A berjumlah 22 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum penerapan metode Mind Mapping masuk dalam kategori rendah dengan rata-rata 60,62 dan siswa siswa yang diajar setelah penerapan metode Mind Mapping masuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 76,25, uji ipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum penerapan metode Mind Mapping dan setelah penerapan metode Mind Mapping. Artinya metode pembelajaran Mind Mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII.A SMP Muhammadiyah Boarding School Palopo.
Kata Kunci : Efektivitais, Mind Mapping, Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Nov 2022 00:23
Last Modified: 03 Nov 2022 00:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4833

Actions (login required)

View Item View Item