PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 WALENRANG

Adriwati, Adriwati (2011) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 WALENRANG. Other thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Adriwati.pdf] Text
Adriwati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ADRIWATI, 2011. “Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Walenrang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I)
Sukirman Nurdjan S.S., M.Pd., Pembimbing (II) Drs. Nasaruddin,
M.Si.
Kata Kunci : Kesiapan Belajar, Prestasi Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang (1) bagaimana kesiapan belajar matematika
siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Walenrang, (2) seberapa besar prestasi belajar
matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Walenrang? (3) Apakah kesiapan belajar
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP
Negeri 5 Walenrang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif inferensial. Jumlah populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Walenrang yang
berjumlah 60 siswa, terdiri dari 2 kelas. Adapun jumlah sampel berjumlah 30 orang
siswa masing-masing 15 orang kelas VII dan 15 orang kelas VII B. Bentuk
instrument yang digunakan berupa angket dengan skala Likert,dan dokumentasi yang
berupa nilai rata-rata rapor siswa. Teknik analisis yang digunakan ada dua macam
yaitu teknik statistik deskriptif dan statistik Inferensial.
Hasil penelitian dekriptif menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa kelas
VII SMP Negeri 5 Walenrang memperoleh nilai rata-rata (mean) 39,83. Standar
deviasi 6,854. Sedangkan skor maksimum 55 dan skor minimum 27. Dengan
distribusi persentase kesiapan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Walenrang
adalah 20% memperoleh nilai sangat rendah, 76,7% memperoleh nilai rendah, dan
3,3% memperoleh nilais edang. Sedangkan untuk Prestasi Belajar Matematika siswa
kelas VII SMP Negeri 5 Walenrang memperoleh nilai rata-rata (mean) 83,97 dengan
standar deviasi 9,416 dan skor maksimum yang dicapai sebesar 98 dan skor
minimum sebesar 65. Distribusi persentase Prestasi Belajar Matematika siswa
kelasVII SMP Negeri 5 Walenrang adalah termasuk kategori tinggi ada 13 orang
(43,3 %) dan yang termasuk dalam kategori sangat tinggi ada 17 orang (56,7%).
Hasil analisis Inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X
yaitu kesiapan belajar terhadap variabel Y yaitu Prestasi Belajar Matematika. Pada
tabel, nilai R square-nya adalah 0,43 yang berarti bahwa 43 % naik turunya prestasi
belajar matematika ditentukan oleh kesiapan belajar, selebihnya dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:00
Last Modified: 11 Nov 2022 06:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4874

Actions (login required)

View Item View Item