PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 111 MAPPEDECENG KAB. LUWU UTARA

Alwis, Alwis (2011) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 111 MAPPEDECENG KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Alwis.pdf] Text
Alwis.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Alwis, 2011, ” Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Awal Terhadap
Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 111
Mappedeceng.” Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah,
STAIN Palopo. Pembimbing I, Drs. Nurdin K., M.Pd., Pembimbing II Andi
Ika Prasasti Abrar, S.Si., M.Pd
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional yang
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian belajar dan
kemampuan awal baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 111 Mappedeceng.Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 111 Mappedeceng tahun ajaran 2011.
Sampling dilakukan dengan teknik total sampling dengan langkah-langkah yang
dilakukan adalah (1) Semua siswa kelas V SD Negeri 111 Mappedeceng berjumlah 1
kelas, (2) Dari 1 kelas diambil secara total sebagai unit sampel. Data terdiri atas skor
kemandirian belajar dan skor kemampuan awal serta skor hasil belajar matematika.
Skor kemandirian diambil melalui kuesioner dan skor kemmpuan awal diambil
melalui dokumentasi serta skor hasil belajar matematika diambil melalui tes hasil
hasil belajar matematika. Dari hasil penelitian diperoleh kemandirian belajar
matematika siswa kelas V SD Negeri 111 Mappedeceng, berada pada kategori sedang
dengan skor rata-rata 68,07 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 12,185 dan
variansi 148,478. Tidak terdapat pengaruh kemampuan awal matematika terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 111 Mappadeceng, dilihat dari
hasil uji t pada analisis regresi tampak bahwa b1 positif dengan nilai signifikansi
0,076, karena nilai signifikansi 0,076>0,05. Tidak terdapat pengaruh kemandirian
Belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 111
Mappadeceng, dilihat dari hasil uji t pada analisis regresi tampak bahwa b2 positif
denagn nilai signifikansi 0,399, karena nilai signifikansi 0,399>0,05. Tidak terdapat
pengaruh positif kemandirian dan kemampuan awal secara bersama-sama terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 111 Mappedeceng. Berdasark an
tabel ANOVAb
ternyata di dapat Fhitung adalah 2,374 dengan tingkat signifikan (P)
0,112a
karena P jauh lebih besar dari � =0,05, karena nilai P lebih tinggi dari nilai �.
Jadi antar kemampuan awal dan kemandirian tidak memiliki pengaruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:45
Last Modified: 11 Nov 2022 06:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4876

Actions (login required)

View Item View Item