PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 052 TEPPO

Hasbi, Hasbi (2011) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 052 TEPPO. Other thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Hasbi.pdf] Text
Hasbi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hasbi, 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas V SD Negeri 052 Teppo. Skripsi Program Studi Matematika
Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (I) Drs. Nurdin K., M.Pd. Pembimbing (II) Andi Ika Prasasti
A., M.Pd.
Kata Kunci : Motivasi, Belajar, Matematika
Skripsi ini berjudul Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar
Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 052 Teppo dan sebagai rumusan masalahnya
adalah 1) Seberapa besar motivasi belajar siswa kelas V SDN 052 Tepp 2). Seberapa
besar hasil belajar siswa kelas V SDN 052 Teppo 3). Bagaimana pengaruh motivasi
belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 052 Teppo.
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 052 Teppo tahun pelajaran
2011/2012, seberapa besar motivasi di mana seluruh siswa SD Negeri 052 Teppo
dijadikan sebagai sampel jenuh. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan
dua macam instrumen, yaitu angket motivasi belajar matematika dan tes hasil belajar
matematika berbentuk tes objektif yang disesuaikan dengan pokok bahasan semester
1.
Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan paket komputer.
Hasil analisis dekskriptif diperoleh informasi bahwa skor rata-rata motivasi belajar
matematika siswa kelas V SD Negeri 052 Teppo adalah 20,59 dari skor ideal 25
dengan standar deviasi 2,694. Demikian halnya dengan hasil belajar matematika
diperoleh informasi bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V SD
Negeri 052 Teppo adalah 6,76 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,393.
Selanjutnya hasil analisis inferensial diperoleh bahwa motivasi belajar matematika
berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V
SD Negeri 052 Teppo tahun pelajaran 2011/2012, dengan koefisien determinasi
sebesar 0,648 atau dengan kata lain bahwa 64,8% variasi hasil belajar matematika
siswa kelas V SD Negeri 052 Teppo tahun pelajaran 2011/2012 dapat dijelaskan oleh
motivasi belajar matematika. Persamaan regresi linear dari motivasi belajar
matematika yang dikaitkan dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri
052 Teppo adalah Y = -1,809 + 0,416 X, ini menunjukkan bahwa setiap penambahan
nilai positif untuk X, maka nilai Y bertambah 0,416. Jadi dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas V SD Negeri 052 Teppo. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:42
Last Modified: 11 Nov 2022 07:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4879

Actions (login required)

View Item View Item