IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALOPO

Hasmawat, Hasmawati (2013) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Hasmawati.pdf] Text
Hasmawati.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
HASMAWATI, 2012“Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Pokok
Bahasan Trigonometri Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palopo” (dibimbing
oleh Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd dan Nursupiamin, S.Pd., M.Si ).
Kata Kunci : Identifikasi, Kesulitan Belajar Matematika, Trigonometri
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk
mengetahui (1) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo
dalam menyelesaikan persoalan trigonometri yang berkaitan dengan konsep dan
prinsip. (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas X SMA
Negeri 4 Palopo dalam mempelajari trigonometri.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4
Palopo tahun ajaran 2011-2012 yang tersebar dalam 8 kelas. Banyaknya sampel yang
diteliti adalah 25% dari populasi atau setara dengan 30 siswa. Data dikumpulkan
dengan metode tes trigonometri, angket dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas X SMA
Negeri 4 palopo masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan
trigonometri yang berkaitan dengan konsep dan prinsip. Dalam penguasaan konsep,
siswa masih mengalami kesulitan dalam memberi contoh dan bukan contoh, dimana
kesulitan tersebut berada dikategori tinggi yaitu 73%. Selain itu, siswa juga kesulitan
dalam mengidentifikasikan sifat-sifat konsep yang diberikan dan mengenali kondisi
yang ditentukan suatu konsep yang berada dikategori sedang yaitu 37%. Sedangkan
dalam penguasaan prinsip, siswa masih mengalami kesulitan dalam menggunakan
prinsip secara benar, yang berada pada kategori tinggi yaitu 75%. Siswa juga
mengalami kesulitan dalam mengapresiasikan peran prinsip-prinsip dalam
matematika yang berada dikategori tinggi yaitu 73% . berdasarkan hasil angket
diperoleh bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas X
SMA Negeri 4 Palopo dalam mempelajari trigonometri berasal dari faktor intern,
yaitu dari kemampuan dan kecakapan siswa dalam menyelesaikan persoalan
trigonometri yang berada pada kategori cukup yaitu 58% dan 55% sedangkan faktor
ekstern tidak memberikan pengaruh yang berarti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 23 Nov 2022 05:04
Last Modified: 23 Nov 2022 05:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4915

Actions (login required)

View Item View Item