PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS XI MAN PALOPO

HERLIYANTI, HERLIYANTI (2022) PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS XI MAN PALOPO. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of HERLIYANTI.pdf] Text
HERLIYANTI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Herliyanti, 2022. “Pendekatan Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas XI MAN Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muh. Hajarul Aswad A, dan St. Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas XI MIPA 2 MAN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 2 MAN Palopo.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 2 pertemuan. Masing-masing ada 4 tahapan rencana tindakan dalam tiap siklus, yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Action), observasi (Observation), dan refleksi (Reflection). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar matematika, data hasil observasi dianalisis dengan analisis kualitatif, dan hasil belajar yang terkumpul dianalisis dengan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan: Penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 2 MAN Palopo. Hal ini dibuktikan dengan persentase hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM pada pra siklus sebesar 9,52% meningkat menjadi 42,86% pada siklus I. Selanjutnya mengalami peningkatan lagi menjadi 95,23% pada siklus II. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (75) telah melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80%.
Implikasi pelaksanaan tindakan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) materi trigonometri pada siswa kelas XI MIPA 2 MAN Palopo adalah meningkatnya aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika siswa selama proses kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:14
Last Modified: 30 Nov 2022 00:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item