ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP LASUSUA

HAMKAH, HAMKAH (2022) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP LASUSUA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HAMKAH.pdf] Text
HAMKAH.pdf

Download (20MB)
[thumbnail of HAMKAH.pdf] Text
HAMKAH.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK
Hamkah, 2022. “Analisis Faktor faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Lasusua”, Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Fasiha

Skripsi ini membahas tentang Analisis faktor faktor yang memengaruhi minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Lasusua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara parsial pengaruh pengetahuan, pelayanan, promosi, citra merek, religiusitas dan lokasi terhadap minat masyarakat menabung di BSI KCP Lasusua. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat muslim berusia 17 tahun ke atas, sedangkan pengambilan sampelnya menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling, sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran angket/kuesioner dan melalui Google Form yang diberikan kepada responden untuk dijawabnya.

Adapun teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu: uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, linearitas, heteroskedastisitas, dan multikolonearitas, serta menggunakan analisis regresi linear berganda. Kemudian, menggunakan uji hipotesis yang terdiri dari uji T, uji R, dan uji F hasil uji tersebut diperoleh dengan bantuan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Pengetahuan nilai thitung 2,428 > nilai ttabel 1, 661 berpengaruh positif terhadap variabel minat menabung dengan tingkat signifikan 0,018 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, Promosi nilai thitung sebesar 2, 495 > nilai ttabel 1, 66 artinya berpengaruh positif terhadap variabel Minat masyarakat, tingkat signifikan 0,622 > 0,05. Artinya H0 ditolak dan H3 diterima, religiusitas thitung 2,232 > nilai ttabel 1, 661 berpengaruh positif terhadap variabel minat menabung dengan tingkat signifikan 0,028 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H5 diterima, Lokasi thitung 2,553 > nilai ttabel 1, 661 berpengaruh positif terhadap variabel minat menabung dengan tingkat signifikan 0,031 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H6 diterima, yang berarti bahwa variabel Pengetahuan, Promosi, Religiusitas dan Lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Lasusua.

Kata Kunci : Pengaruh Pengetahuan, Pelayanan, Promosi, Citra Merek, Religiusitas dan Lokasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 12 Dec 2022 00:55
Last Modified: 12 Dec 2022 00:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4975

Actions (login required)

View Item View Item