MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 5 WALENRANG

Hasriani, Hasriani (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 5 WALENRANG. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Hasrini H.pdf] Text
Hasrini H.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
HASRINI H., 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran
Kooperatif Tipe Pair Checks pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 5
Walenrang. Skripsi Program Studi Matematika Jurusan Tarbiyah Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Drs.
Nurdin Kaso, M. Pd, Pembimbing (II) Nursupiamin, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Tipe Pair
Checks
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
kelas VIIB SMP Negeri 5 Walenrang melalui model pembelajaran kooperatif tipe
Pair Checks.
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus
terdiri dari 4 kali pertemuan yaitu 3 kali pertemuan dalam proses pembelajaran dan 1
kali pertemuannya diadakan tes siklus. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini
adalah: perencanaan, pelaksanaan tindakan, obesrvasi dan refleksi. Cara
pengamabilan data tentang pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair
Checks diambil dengan menggunakan lembar obesrvasi, dan data tentang hasil belajar
siswa dengan menggunakan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian
tindakan kelas ini adalah jika 80% siswa telah mencapai nilai ≥ 65.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika
siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Walenrang setelah rata-rata tes awal sebesar 57,50
dengan ketuntasan belajar secara klasikal 36,36%. Hasil belajar matematika siswa
kelas VIIB untuk siklus I mencapai 66,50 dengan ketuntasan belajar secara klasikal
63,64%. Selanjutnya pada siklus II mencapai 81,82% dengan nilai rata-rata 73,05.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya
pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks pada siswa Kelas VIIB SMP Negeri 5
Walenrang dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika, kehadiran,
kesiapan dan keaktifan siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:24
Last Modified: 05 Jan 2023 01:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

View Item View Item