PERSEPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALOPO TENTANG TEKNIK MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Ismawati, Ismawati (2013) PERSEPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALOPO TENTANG TEKNIK MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Ismawati.pdf] Text
Ismawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ISMAWATI. 2012. “Persepsi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palopo tentang
Teknik Mengajar Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
Matematika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. Hasri, M.A. Pembimbing (II)
Nursupiamin, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci: Persepsi, Teknik Mengajar Guru, Prestasi Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang persepsi siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo
tentang teknik mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang persepsi siswa
terhadap teknik mengajar guru pada saat pembelajaran berlangsung dalam
meningkatkan prestasi belajar matematika di SMA Negeri 4 Palopo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang akan
menggambarkan persepsi siswa tentang teknik mengajar guru dalam meningkatkan
prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas
X SMA Negeri 4 Palopo tahun ajaran 2011-212 semester genap yang terdiri dari
delapan kelas, dimana jumlah populasi sebanyak 120 orang. Sedangkan jumlah
sampel yang digunakan sebanyak 62 orang dari jumlah populasi dengan
menggunakan teknik proporsional sampling. Data dikumpulkan dengan
menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan
menggunakan pola tabulasi, frekuensi dan persentasi. Uji coba instrumen dilakukan
di kelas X.1 SMA Negeri 4 Palopo dengan N=15. Uji validitas instrumen
menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus
Alpha.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik mengajar guru matematika
pada sekolah tersebut, dapat menarik perhatian siswa dengan metode-metode yang
digunakan sebagai penunjang kelancaran proses pembelajaran. Dari hasil penelitian
tersebut diharapkan sebagai bahan informasi bagi guru matematika untuk senantiasa
memotivasi siswa serta yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya
pada pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:28
Last Modified: 05 Jan 2023 06:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item View Item