HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX SMP NEGERI I LAMASI

Sari, Nilam (2013) HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX SMP NEGERI I LAMASI. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Nilam Sari.pdf] Text
Nilam Sari.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
NILAM SARI. 2013. “Hubungan Antara Hasil belajar Matematika dan Hasil
Belajar IPA Kelas IX SMP Negri 1 Lamasi”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing. (1) Drs. Hisban
Thaha, M.Ag., Pembimbing (2) Nursupiamin, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Hubungan, Hasil Belajar Matematika, Hasil Belajar IPA
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional yang
akan menyelidiki hubungan antara hasil belajar matematika dan hasil belajar IPA
siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lamasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri I
Lamasi semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 270 siswa yang tersebar
pada 9 (sembilan) kelas pararel. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak
67 dari jumlah populasi. Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian, di analisis
secara statistik yaitu (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar
matematika dan hasil belajar IPA siswa, (2) statistik inferensial untuk menguji
hipotesis, yaitu analisis korelasi. Hasil dari analisis statistik deskriptif pada variabel
X menunjukkan persentase rata-rata nilai hasil belajar matematika mencapai 82,79%
dan termasuk kategori baik dengan persentase 88,1%. Untuk hasil analisis statistik
deskriptif pada variabel Y menunujukkan persentase rata-rata nilai hasil belajar IPA
mencapai 84,10% dan termasuk kategori baik dengan persentase 88,6%.
Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan informasi bagi guru dan siswa
dalam usaha memperbaiki variabel yang turut mempengaruhi hasil belajar siswa
khususnya pada bidang studi matematika. Hasil penelitian ini juga diharapkan
mampu memberikan sumbangan pikiran terhadap peningkatan hasil belajar siswa
baik pendidikan secara umum maupun sekolah tempat dimana dilakukannya
penelitian.
1
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi suatu bang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:58
Last Modified: 05 Jan 2023 06:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item View Item