PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE VAK (Visual, Auditory dan Kinestetik) POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII.2 SMP NEGERI 8 PALOPO

Santi R, Santi R (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE VAK (Visual, Auditory dan Kinestetik) POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII.2 SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Santi R.pdf] Text
Santi R.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
SANTI R., 2011., “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode VAK (Visual, Auditory
dan Kinestetik) Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
(SPLDV) Pada Peserta Didik Kelas VIII.2 SMP Negeri 8 Palopo”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing: 1) Drs. Hasri, M. A., 2)
Drs. Nasaruddin, M.Si.
Skripsi ini membahas tentang penggunaan metode VAK (Visual, Auditory dan
Kinestetik) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 8 Palopo. Dimana
Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 semester ganjil tahun pelajaran
2011/2012 yang berjumlah 33 peserta didik, terdiri dari 10 peserta didik putri dan 23
peserta didik putra, tahun pelajaran 2011-2012. Data yang dikumpulkan adalah hasil
tes evaluasi dan hasil lembar observasi. Data dianalisis dengan cara kuantitatif dan
kualitatif. Untuk analisis kuantitatif digunakan statistik deskriptif yaitu nilai rata-rata,
frekuensi, nilai rendah dan nilai tinggi yang diperoleh peserta didik, diolah
menggunakan SPSS 11.5, sedangkan analisis kualitatif dengan melihat dari hasil
lembar observasi siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
Pembelajaran dengan menggunakan metode VAK (Visual, Auditory dan Kinestetik)
yaitu penggunaa tiga modalitas: 1. Visual (Penglihatan), 2. Auditory (Pendengaran),
dan 3. Kinestetik (Bergerak), Modalitas ini sangatlah bagus digunakan karena peserta
didik yang harus aktif dalam proses pembelajaran, metode ini memancing peserta
didik untuk berusaha secara mandiri untuk mencari akar permasalahan dari soal yang
dikerjakan dengan dibimbing oleh guru. Pembelajaran dengan menggunakan metode
VAK (Visual, Auditory dan Kinestetik) mengalami perubahan nilai dan perubahan
sikap peserta didik dengan pemberian motivasi. Kuantitatif: Perubahan nilai dapat
terlihat dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 62, 27
menjadi 73, 18. kualitatif: secara kualitatif dapat dilihat dari perubahan sikap
mengalami perubahan dengan penerapan metode VAK (Visual, Auditory dan
Kinestetik), secara visual peserta didik yang membaca, memperhatikan, mengingat
dan menggambarkan materi dari proses pembelajaran mengalami peninggakata dari
siklus I ke siklus II, secara auditory peserta didik yang mendengarkan, menyimak,
melakukan diskusi dengan teman sebangku dan berani dan aktif dalam
mengemukakan pendapat dari proses pembelajaran mengalami peninggakata dari
siklus I ke siklus II, dan secara kinestetik peserta didik terampil mengerjakan soal
secara individu dan kelompok serta mampu menjadi TUTOR sebaya juga mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:33
Last Modified: 05 Jan 2023 07:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5047

Actions (login required)

View Item View Item