PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 LUWU

CALVIN, MUH. JAY (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUH. JAY CALVIN.pdf] Text
MUH. JAY CALVIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh. Jay Calvin, 2022. “Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA
Negeri 2 Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Munir Yusuf dan Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Game Online terhadap
Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA
Negeri 2 Luwu. Penelitian ini bertujuan; Untuk mengetahui gambaran penggunaan
game online pada siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu; Untuk mengetahui
gambaran motivasi belajar siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu; Untuk
mengetahui pengaruh antara penggunaan game online terhadap motivasi belajar
siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Luwu dengan mengambil
populasi siswa kelas XI IPA yang gemar bermain game online. Sampel yang akan
digunakan pada penelitian ini berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan memberikan kuesioner pada responden yang masuk dalam
kriteria yang sesuai dengan menggunakan skala likert. Adapun analisis data yang
digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel penggunaan game online
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Luwu. Hal ini dapat dilihat
variabel game online memiliki nilai thitung > ttabel dimana 2,794 > 2,024 atau nilai
sig. 0,008 < 0,05 maka Ha diterima. Variabel penggunaan game online memiliki
pengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 17% dan untuk sisanya dipengaruhi
oleh variabel lain di luar dari penelitian ini.
Kata Kunci : Penggunaan Game Online, Motivasi Belajar, PAI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 11 Jan 2023 00:35
Last Modified: 11 Jan 2023 00:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item View Item