PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) KOTA PALOPO TAHUN PELAJARAN 2022-2023

SUKAWATI, YUYUN (2022) PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) KOTA PALOPO TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of YUYUN SUKAWATI.pdf] Text
YUYUN SUKAWATI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Yuyun Sukawati, 2022. “Pendampingan Orang Tua terhadap Peserta Didik
pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota
Palopo Tahun Pelajaran 2022-2023.” Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. Nurdin Kaso dan Subhan.
Skripsi ini membahas tentang pendampingan orang tua terhadap peserta
didik pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota
Palopo tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui
bagaimanakah pendampingan belajar yang dilakukan orang tua terhadap peserta
didik pada pembelajaran Fiqih. 2) Untuk mengetahui apa saja kendala yang
dihadapi orang tua dalam mendampingi peserta didik pada pembelajaran Fiqih. 3)
Untuk mengetahui bagaimanakah solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi
orang tua dalam mendampingi peserta didik pada pembelajaran Fiqih.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang akan
menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta�fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang
digunakan yaitu triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendampingan belajar yang
dilakukan orang tua terhadap peserta didik pada pembelajaran Fiqih meliputi
pemberian bimbingan belajar kepada peserta didik, memberikan pengawasan,
membantu kesulitan anak dalam belajar Fiqih, memberi motivasi dan semangat,
memperhatikan anak ketika sedang melakukan praktek ilmu Fiqih dalam
kehidupan sehari-hari, memberikan arahan dan nasehat, memberi contoh teladan
yang baik, serta memfasilitasi peserta didik dalam belajar Fiqih. 2) Kendala yang
dihadapi oleh orang tua dalam mendampingi peserta didik pada pembelajaran
Fiqih yaitu orang tua yang sering lupa untuk meluangkan waktu untuk
mendamping anak belajar Fiqih, anak yang malas-malasan dalam mengerjakan
tugasnya, anak yang lebih fokus terhadap Handphone dan lebih suka bermain
game daripada belajar, dan kurangnya pemahaman orang tua akan materi-materi
Fiqih. 3) Solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi orang tua dalam
mendampingi peserta didik pada pembelajaran Fiqih yaitu dengan memberikan
bimbingan dan arahan, membangun hubungan personal yang baik dengan peserta
didik. Melakukan pembelajaran dengan teman sebaya agar dapat saling
memberikan pemahaman terhadap pembelajaran Fiqih. Memanfaatkan teknologi
(Google), memberikan fasilitas yang memadai, dan memberi contoh atau teladan
yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Pendampingan Orang Tua, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:01
Last Modified: 11 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5070

Actions (login required)

View Item View Item