PEMANFAATAN GAZEBO LITERASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK DI SDN 25 SABBAMPARU KOTA PALOPO

Hardianti, Sri (2022) PEMANFAATAN GAZEBO LITERASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK DI SDN 25 SABBAMPARU KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SRI HARDIANTI.pdf] Text
SRI HARDIANTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Sri Hardianti “Pemanfaatan Gazebo Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Peserta Didik di SDN 25 Sabbamparu Kota Palopo”. Fakultas
Tarbiyah & Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I) Dra. Hj. Nursyamsi, M.Pd.I.
(II) Dr. Hisbullah, S.Pd., M.Pd.
KATA KUNCI: Pemanfaatan, Gazebo Literasi, dan Meningkatan
Kemampuan Membaca.
Permasalahan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gambaran pemanfaatan
gazebo literasi di SDN 25 Sabbamparu Kota Palopo? 2) Apakah dengan
pemanfaatan gazebo literasi dapat meningkatkan kemampuan membaca pada
peserta didik di SDN 25 Sabbamparu Kota Palopo? Dengan tujuan untuk
mengetahui bagaimana pemanfaatan gazebo literasi dan untuk mengetahui apakah
pemanfaatan gazebo literasi dapat meningkatkan kemampuan membaca pada
peserta didik di SDN 25 Sabbamparu Kota Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk deksriptif
penelitian tindakan sekolah (PTS) yang menggambarkan fenomena apa adanya.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui
studi lapangan dan data sekunder melalui studi pustaka, dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subyek
data dalam penelitian ini adalah guru setiap kelas yang terlibat dan peserta didik
di SDN 25 Sabbamparu Kota Palopo 15 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pemanfaatan gazebo
literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik yang dilakukan
dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama
dan kedua dilakukan proses belajar membaca dan pertemuan ketiga diadakan tes
yang dilaksanakan di gazebo literasi. Adapun kemampuan membaca peserta didik
pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I jumlah peserta didik
yang mencapai kriteria ketuntasan mencapai 40% dan siklus II mencapai 87%.
Implikasi: Kemampuan membaca peserta didik akan lebih meningkat dengan
efektif dan efesiensi waktu dalam ruang lingkup sekolah di SDN 25 Sabbamparu
Kota Palopo apabila pemanfaatan gazebo literasi dalam meningkatkan
kemampuan membaca dapat dengan mudah digunakan oleh peserta didik dengan
adanya kerja sama dengan guru dalam fasilitas yang layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 028 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:15
Last Modified: 16 Jan 2023 07:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item