STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH 43 BATULOTONG KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU

AIRIN, NUR (2022) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH 43 BATULOTONG KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NUR AIRIN.pdf] Text
NUR AIRIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Airin, 2022. “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Kejenuhan
Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah 43 Batulotong Kecamatan
Larompong Kabupaten Luwu.” Skripsi Program Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. H Syamsu Sanusi, M.Pd.I dan
Eka Poppi Hutami, S.Pd.I., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi
Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah 43 Batulotong Kecamatan
Larompong Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui
pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah 43 Batulotong,
untuk mengetahui penyebab kejenuhan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah 43
Batulotong, dan untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi
kejenuhan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah 43 Batulotong. Jenis penelitian
yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber dan
triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1). Pelaksanaan
pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah 43 Batulotong sudah sesuai
dengan tahapan proses pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti dan kegiatan penutup. 2). Penyebab kejenuhan belajar siswa di
Madrasah Ibtidaiyah 43 Batulotong yaitu penggunaan metode pembelajaran yang
tidak bervariasi, guru ketika menjelaskan materi terlalu lama, dan sering diberikan
tugas hafalan. 3). Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di
Madrasah Ibtidaiyah 43 Batulotong dengan menggunakan metode tanya jawab,
memberikan hal-hal lucu di tengah pembelajaran, memberikan games kepada
siswa, memberikan hadiah dan motivasi.
Kata Kunci : Strategi Guru Akidah Akhlak, Kejenuhan Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 18 Jan 2023 06:27
Last Modified: 18 Jan 2023 06:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item