EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PHOTOMATH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BAJO

HANDAYANI, ARSY (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PHOTOMATH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ARSY HANDAYANI.pdf] Text
ARSY HANDAYANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Arsy Handayani, 2022. ”Efektivitas Penggunaan Aplikasi Photomath dalam
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
(SMP) Negeri 2 Bajo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Nasaruddin dan Arsyad L.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penggunaan aplikasi Photomath
dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bajo. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa pada saat sebelum dan
setelah menggunakan aplikasi Photomath. Penelitian ini bertujuan pula untuk
mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Photomath dalam meningkatkan minat
belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bajo.
Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pre eksperimental
design tipe one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian adalah adalah sensus atau sampel jenuh, dengan jumlah sampel 13 orang
siswa. Data diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian data di
analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan yang signifikan sebesar
29,85% pada nilai rata-rata angket minat belajar siswa, dimana nilai rata-rata angket
minat belajar siswa sebelum menggunakan aplikasi Photomath sebesar 53,15
termasuk dalam kategori kurang berminat dan nilai rata - rata angket minat belajar
siswa setelah menggunakan aplikasi Photomath sebesar 83 termasuk dalam kategori
sangat berminat. Berdasarkan perhitungan rata-rata kedua data tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa H1: µ1 < µ2 diterima, artinya rata-rata minat belajar siswa pada
saat posttest (setelah pemberian perlakuan) berupa penggunaan aplikasi Photomath
lebih besar dari pretest (sebelum adanya perlakuan). Hal ini berarti pula bahwa
aplikasi Photomath efektif digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Bajo.
Kata kunci: Efektivitas, Aplikasi Photomath, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 09 Feb 2023 00:30
Last Modified: 09 Feb 2023 00:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item View Item