STRATEGI MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN SYARIAH DI MASA PANDEMI (STUDI PADA KSPPS BAKTI HURIA SYARIAH CABANG KOTA PALOPO)

Y FITRI, NURMALA (2022) STRATEGI MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN SYARIAH DI MASA PANDEMI (STUDI PADA KSPPS BAKTI HURIA SYARIAH CABANG KOTA PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI  NURMALA FITRI Y..PDF] Text
SKRIPSI NURMALA FITRI Y..PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurmala Fitri Y, 2022. “Strategi Manajemen Risiko Pembiayaan Syariah
Dimasa Pandemi (Studi pada KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Kota Palopo)”. Skripsi Program Studi Perbankan
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nur Ariani Aqidah.
Skripsi ini membahas tentang strategi manajemen risiko pembiayaan syariah
dimasa pandemi (Studi pada KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Kota Palopo).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko pembiayaan di KSPPS Bakti
Huria Syariah Cabang Kota Palopo dimasa pandemi dan untuk menganalisis
strategi yang digunakan dalam manajemen risiko pembiayaan syariah yang ada di
KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Kota Palopo dimasa pandemi. Jenis
penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah KSPPS Bakti
Huria Syariah Cabang Kota Palopo. Adapun yang menjadi subjek informannya
adalah pimpinan cabang, staff admin, staff officer. Data diperoleh melalui
observasi, wawancara. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan teknik
data reduction, data display dan data conclusion drawing atau verification. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 risiko pembiayaan yang ada di
KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Kota Palopo. Risiko pembiayaan tersebut
meliputi : risiko usaha, risiko bencana alam, dan risiko pindah wilayah. Dari
ketiga risiko tersebut yang paling sering menyebabkan gagal bayar nasabah adalah
risiko bencana alam dan faktor pindah wilayah. Sedangkan strategi apabila ada
pembiayaan bermasalah atau macet di KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Kota
Palopo menerapkan 6 macam strategi yakni, yang pertama menjalin silaturahmi
yang baik dengan nasabah, kedua Pefindo (PT Pemeringkat Efek Indonesia)
ketiga menggunakan alat transaksi yang disebut Negacom, keempat
Reconditioning (persyaratan kembali) dilakukan dengan memberikan kemudahan
dalam hal jumlah angsurannya, kelima melakukan survei lapangan yang
kompleks, yang terakhir melakukan eksekusi jaminan.
Kata Kunci: Strategi, Manajemen Risiko, Pembiayaan, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:41
Last Modified: 19 Jan 2023 01:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5124

Actions (login required)

View Item View Item