EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA MAN PALOPO

SAFITRI, EKA (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA MAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of EKA SAFITRI.pdf] Text
EKA SAFITRI.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Eka Safitri, 2022. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Student
Facilitator and Explaining terhadap Peningkatan Hasil Belajar
Matematika Siswa kelas XI MIPA MAN Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muh. Hajarul Aswad A dan
Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan model pembelajaran
student facilitator and explaining terhadap peningkatan hasil belajar matematika
siswa kelas XI MIPA MAN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model
pembelajaran student facilitator and explaining, serta apakah model
pembelajaran student facilitator and explaining efektif terhadap peningkatan hasil
belajar matematika siswa di kelas XI MIPA MAN Palopo.
Jenis penelitian ini yaitu pre eksperimen design tipe one group pretest�posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster
random sampling, dengan jumlah sampel 22 orang siswa. Data diperoleh melalui
tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan
statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas
XI MIPA MAN Palopo sebelum menggunakan model pembelajaran student
facilitator and explaining memperlihatkan bahwa nilai hasil belajar siswa
diperoleh nilai rata-rata yang dapat diklasifikasikan dalam kategori cukup,
sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran student facilitator and
explaining diklasifikasikan dalam kategori sangat baik. Model pembelajaran
student facilitator and explaining efektif terhadap peningkatan hasil belajar
matematika siswa di kelas XI MIPA MAN Palopo. Dimana nilai rata-rata hasil
belajar matematika siswa sebelum menggunakan model pembelajaram student
facilitator and explaining lebih rendah dari nilai rata-rata hasil belajar matematika
siswa sesudah menggunakan model pembelajaran student facilitator and
explaining.
Kata kunci: Model pembelajaran student facilitator and explaining, hasil belajar
matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:28
Last Modified: 31 Jan 2023 03:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5178

Actions (login required)

View Item View Item