UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMANFAATAN MEDIA BARANG BEKAS KELOMPOK B DI TK UMEGA KOTA PALOPO TAHUN 2022

RAMADANI, SUCI (2022) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMANFAATAN MEDIA BARANG BEKAS KELOMPOK B DI TK UMEGA KOTA PALOPO TAHUN 2022. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SUCI RAMADANI.pdf] Text
SUCI RAMADANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Suci Ramadani, 2021. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Metode
Demonstrasi Dalam Pemanfaatan Barang Bekas Kelompok B di Tk Umega Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Fatmaridah Sabani,
dan Mirnawati.
Berdasarkan pengamatan awal, telah terjadi permasalahan perkembangan motorik halus
anak, pada kelompok B di TK Umega Kota Palopo motorik halus anak belum berkembang secara
optimal, terlihat beberapa anak masih nampak dibimbing sama gurunya baik dalam kegiatan
menggunting, menempel, meniru bentuk, anak masih di pegang tangganya saat melakukan
kegiatan tersebut. Sehingga pembelajaran yang selama ini dilaksanakan di TK Umega Kota Palopo
memerlukan upaya peningkatan ataupun strategi yang mampu meningkatkan motorik halus dan
menarik minat anak dalam belajar mandiri agar pembelajaram menjadi lebih menyenangkan.
Perkembangan motorik halus anak dapat ditingkatkan dengan penggunaaan metode dan media
yang lebih kreatif seperti penggunaan metode demonstrasi dengan media barang bekas yang dapat
memunculkan ide-ide anak dalam membuat berbagai karya dari barang bekas serta menciptakan
suasana pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak dan terkesan tidak membosankan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak dengan
menggunakan metode demonstrasi pada kelompok B di TK Umega Kota Palopo. Kegiatan ini
menggunakan media barang bekas yang dibuat menjadi berbagai macam media sehingga dapat
menarik minat anak dalam belajar setiap harinya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini yaitu TK
Umega Kota Palopo yang dilakukan pada bulan september sampai degan oktober semester ganjil
tahun ajaran 2021-2022. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar observasi atau daftar
ceklist, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Umega
Kota Palopo yang berjumlah 8 orang anak didik. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini
yaitu observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpul kemudian di analisis menggunakan teknik
analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pra siklus diperoleh hasil belajar anak didik
dengan kategori Belum Berkembang sebanyak 4 anak, Mulai Berkembang sebanyak 4 anak, pada
siklus I anak dengan kategori mulai berkembang (MB) sebanyak 5 anak dan anak dengan kategori
Berkembang Sesuai Harapan sebanyak 3 anak, sedangkan pada siklus II kategori Berkembang
Sesuai Harapan ada 5 anak dan Berkembang Sangat Baik ada 3 anak. Peningkatan terjadi di setiap
siklusnya. Jadi penggunaan metode demonstrasi dengan media barang bekas dapat meningkatkan
kemampuan motorik halus anak.
Kata kunci: Motorik Halus, Metode Demonstrasi, Barang Bekas

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:06
Last Modified: 02 Feb 2023 07:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5210

Actions (login required)

View Item View Item