EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FASILITAS ELECTRONIC BANKING (E-BANKING) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH PADA BANK MUAMALAT KOTA PALOPO Skripsi Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi (SE) pada Program Studi Perbankam Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo

SANTRI, SANTRI (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FASILITAS ELECTRONIC BANKING (E-BANKING) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH PADA BANK MUAMALAT KOTA PALOPO Skripsi Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi (SE) pada Program Studi Perbankam Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SANTRI.PDF] Text
SANTRI.PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
SANTRI, 2022.“Evektifitas Penggunaan Fasilitas Electronic Banking (e�banking) dalam Meningkatkan Minat Nasabah di Bank
Muamalat Kota Palopo”.Skripsi Program Studi Perbankan
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Ilham dan Nur Ariani
Aqidah.
Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan fasilitas Electronic
Banking (E-Banking) dalam meningkatkan minat nasabah di bank muamalat kota
Palopo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Data yang
diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer
yang diperoleh dengan wawancara langsung dengan staff dan nasabah Bank
Muamalat kota Palopo. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang
berkaitan dengan penelitian, data ini diperoleh dari buku maupun sumber lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh jawaban atas permasalahan yang
ada dan menarik kesimpulan ialah pertama alasan nasabah berminat
menggunakan Electronic Banking diantaranya ialah faktor sosial, faktor pribadi,
dan faktor psikolog. Kedua perbedaan antara layanan Manual Banking dengan
layanan Electronic Banking (E-Banking) yaitu dimana minat nasabah lebih
banyak dalam menggunakan layanan menual dibanding dengan menggunakan
layanan E-Banking. Hal ini dilakukan karena kesulitan beberapa menggunakan
layanan E-Banking dan juga pendapat nasabah dalam menggunakan pelayanan
misalnya masih percaya untuk mengirim uang, pembelian pulsa, membayar
tagihan dan lain sebagainya dilakukan secara langsung. Ketiga bahwa layanan
Electronic Banking (E-Banking) dalam menarik minat nasabah menabung di Bank
Muamalat Kota Palopo efektiv untuk digunakan. Karena dengan menggunakan
fasilitas E-Banking dapat menghemat waktu para penggunanya tanpa harus datang
langsung ke bank atau ke ATM, layanan E-Banking ini sesuai dengan kebutuhan
nasabah dan sangat efektif untuk digunakan seseuai dengan manfaatnya dalam
jangka waktu yang panjang.
Kata Kunci: Efektivitas, Fasilitas E-Banking, Minat Nasabah, Bank Muamalat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:18
Last Modified: 07 Feb 2023 06:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5223

Actions (login required)

View Item View Item