INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO MUSIKAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IIIA SDN 25 SABBAMPARU KOTA PALOPO

BALQIS, NAIMAH (2022) INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO MUSIKAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IIIA SDN 25 SABBAMPARU KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NAIMAH BALQIS.pdf] Text
NAIMAH BALQIS.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Naimah Balqis 2022 “Inovasi Media Pembelajaran Video Musikal Terhadap
Minat Belajar Siswa Kelas IIIA SDN 25 Sabbamparu Kota Palopo”.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I)
Hj. Nursyamsi (II) Ahmad Munawir.
Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan
pendekatan mixed method, yaitu mengkombinasikan dua metode penelitian
berupa penelitian kuantitafif dan kualitatif. Tahap pertama dalam penelitian ini
dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan studi kasus yang bertujuan
untuk mendapatkan gambaran fenomena apa adanya. Tahapan kedua dilakukan
dengan pendekatan kuantitatif Intercept studies yaitu proses pengumpulan data
dengan cara mendekati responden untuk mendapat umpan balik sehingga
mendapat angka-angka yang akan diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS.
Pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui wawancara mendalam
terhadap kepala sekolah dan guru kelas IIIA, Observasi dokumen berupa RPP,
Silabus, serta Observasi lapangan. Sedangkan pengumpulan data kuantitatif
dilakukan dengan penyebaran angket/kuesioner kepada 17 siswa (responden)
kelas 3A dengan metode intercept studies dan kriteria yang telah ditetapkan yaitu:
siswa kelas IIIA dengan jumlah laki-laki 9 orang dan perempuan 8 orang yang
telah melakukan proses pembelajaran di kelas IIIA SDN 25 Sabbamparu Palopo.
Hasil penelitian menunjukan : 1) Minat belajar siswa kelas IIIA di SDN 25
Sabbamparu Kota Palopo yang masih berfluktuasi terutama materi pada tingkat
kesulitan tertentu, 2) Strategi yang digunakan guru dalam mengatasi masalah
tersebut ialah melakukan inovasi berbasis IT dengan media pembelajaran video
musikal yang bersesuaian dengan karakter bermain siswa pada umumnya terutama
untuk siswa kelas IIIA sekolah dasar, 3) Faktor pendukung dalam masalah inovasi
media pembelajaran video musikal di kelas IIIA SDN 25 Sabbamparu ialah
ketersediaan fasilitas IT oleh pihak sekolah dan guru kelas secara pribadi.
Sebaliknya faktor penghambat dalam masalah inovasi media pembelajaran video
musikal di kelas IIIA SDN 25 Sabbamparu ialah perbedaan ketersediaan fasilitas
siswa dalam mengakses media pembelajaran untuk pengulangan materi di rumah.
Implikasi: Minat belajar siswa akan lebih meningkat dengan efektif dan efesiensi
waktu dalam lingkup kelas III SDN 25 Sabbamparu apabila inovasi media
pembelajaran video musikal dapat diakses oleh siswa dengan adanya kerja sama
dengan orang tua siswa dalam memberikan fasilitas penunjang yang berbasis IT.
Kata Kunci : Inovasi, Media Pembelajaran, Video Musikal, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:28
Last Modified: 07 Feb 2023 06:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5224

Actions (login required)

View Item View Item