MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SMA NEGERI 3 LUWU UTARA

PRAMAYASTI, TRI (2022) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SMA NEGERI 3 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of TRI PRAMAYASTI.pdf] Text
TRI PRAMAYASTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Tri Pramayasti, 2022. ʻʻManajemen Pengembangan Kurikulum di SMA Negeri
3 Luwu Utara’’. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Bapak Muhaemin dan Ibu Lilis Suryani.
Skripsi ini membahas tentang manajemen pengembangan kurikulum di
SMA Negeri 3 Luwu Utara. Pengantar masalah bagaimana manajemen
pengembangan kurikulum di SMA Negeri 3 luwu Utara, bagaimana faktor
penghambat dan pendukung manajemen pengembangan kurikulum di SMA
Negeri 3 Luwu Utara, apa saja strategi manajemen pengembangan kurikulum di
SMA Negeri 3 Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
manajemen pengembangan kurikulum di SMA Negeri 3 Luwu Utara, untuk
mengetahui faktor penghambat dan pendukung manajemen pengembangan
kurikulum di SMA Negeri 3 Luwu Utara, untuk megetahui apa saja strategi
manajemen pengembangan kurikulum di SMA Negeri 3 Luwu Utara.
Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui
pengumpulan data, display data, dan verifikasi atau penegasan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Manajemen pengembagan kurikulum
di SMA Negeri 3 Luwu Utara sudah terencana dengan baik dalam penyusunan
kurikulum mengacu pada dasar hukum dengan tujuan untuk merumuskan visi dan
misi, penyusunan kurikulum sesuai dengan K13 dan menteri pendidikan dan
kebudayaan. Faktor penghambat dan faktor pendukung manajemen pengembagan
kurikulum yaitu faktor penghambat kurangnya sarana dan prasarana dalam
meningkatkan suatu proses pembelajaran sedangkan faktor pendukung yaitu guru
selalu memotivasi anak dalam meningkatkan kualitas belajar dengan baik.
Strategi manajemen pengembangan kurikulum di SMA Negeri 3 Luwu Utara
yaitu dengan menggunkan variabel yakni kekuatan (strength), kelemahan
(weaknes), peluang (opportunity) dan ancama (threats).
Kata Kunci: Manajemen Pengembangan Kurikulum SMAN 3 Luwu Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 375.001 Perkembangan Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:34
Last Modified: 07 Feb 2023 06:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5225

Actions (login required)

View Item View Item