PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PADLET PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 5 PALOPO

NURLANG, NURLIANA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PADLET PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURLIANA NURLANG.pdf] Text
NURLIANA NURLANG.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurliana Nurlang, 2022. „Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Padlet
pada Materi Relasi dan Fungsi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Peserta Didik SMP Negeri 5 Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Dwi Risky Arifanti
dan Megasari.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran berbasis
padlet pada materi relasi dan fungsi dalam meningkatkan hasil belajar matematika
peserta didik kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media
pembelajaran matematika berbasis padlet pada materi relasi dan fungsi memenuhi
kriteria valid dan praktis serta mengetahui keefektifan pengembangan media
pembelajaran matematika berbasis padlet dalam meningkatkan hasil belajar
matematika peserta didik di kelas VIII.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). untuk
menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis padlet, peneliti
menggunakan model ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu: (1)
Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Palopo dengan subjek penelitian adalah
siswa kelas VIII terdiri dari 25 siswa kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen
dan 24 siswa kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket praktikalitas siswa, dan
tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika
berbasis padlet telah memenuhi kriteria valid dengan presentase nilai validator
materi adalah 86,36% dan nilai validator ahli media adalah 88,89%. Sedangkan
respon siswa pada produk memenuhi kriteria praktis dengan presentase adalah
sebesar 87,46%. Hasil uji efektivitas media pembelajaran berbasis padlet
diperoleh rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 77,6 lebih besar dari
pada rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 53,83. Hal ini menunjukkan
bahwa berarti diterima dan ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media pembelajaran berbasis padlet efektif digunakan dalam
meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 5 Palopo
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Padlet, Relasi dan Fungsi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Feb 2023 06:31
Last Modified: 08 Feb 2023 06:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5237

Actions (login required)

View Item View Item