PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI 43 BATULOTONG

MAGFIRAH, MAGFIRAH (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI 43 BATULOTONG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MAGFIRAH.pdf] Text
MAGFIRAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
MAGFIRAH, 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan
Pendekatan Kontekstual Pada Subtema Manusia dan Lingkungan
Berbasis Nilai-nilai Keislaman pada Peserta Didik Kelas V MI 43
Batulotong”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Mandrasah
Ibtidaiyah Faklutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nuryani dan Lilis Suryani.
Skripsi ini membahas mengenai pengembangan bahan ajar berupa LKPD
dengan pendekatan kontekstual pada subtema manusia dan lingkungan berbasis
nilai keislaman pada peserta didik kelas V MI 43 Batulotong. Peneitian ini
bertujuan Untuk, (1) Menganalisis kebutuhan LKPD dengan pendekatan
kontekstual pada subtema manusia dan lingkungan berbasis nilai-nilai keislaman.
(2) Mengetahui tingkat validitas dari LKPD dengan pendekatan kontekstual pada
subtema manusia dan lingkungan berbasis nilai-nilai keislaman yang
dikembangkan. (3) Mengetahui tingkat praktikalitas dari dari LKPD dengan
pendekatan kontekstual pada subtema manusia dan lingkungan berbasis nilai-nilai
keislaman yang diuji cobakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan atau Researh and Development (R&D) dengan model
pengembangan 4-D. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2022 tepatnya di MI
43 Batulotong tepatnya kelas V yang terdiri dari 26 peserta didik. Sedangkan
objek penelitian adalah LKPD yang dikembangkan sesuai kebutuhan peserta
didik. Untuk data dalam penelitian dikumpulkan melalui angket dan wawancara,
kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil penelitian
analisis kebutuhan adalah yang pertama siswa yang mengalami kesulitan
memahami subtema peserta didik terdapat 67% peserta didik memilih menjawab
ya merasa kesulitan belajar subtema manusia dan lingkungan dan sisanya 33%
menjawab tidak, kedua sampul buku yang disukai peserta didik terdapat 80%
peserta didik memilih menjawab ya menyukai sampul buku berwarna dan
bergambar sisanya tidak dengan kisaran 11%, ketiga isi buku yang disukai peserta
didik terdapat 80% peserta didik memilih menjawab ya menyukai buku yang
tampilan isinya disertai gambar ketika mereka belajar dan sisanya jawabannya
tidaak 16% , keempat bentuk soal yang disukai peserta didik terdapat 10 peserta
didik memilih mnejawab menyukai soal essay 2 orang peserta didik memilih
menjawab menyukai soal mencocokkan 10 orang menyukai pilihan ganda serta
sisanya memilih menyukai bentuk soal isian seebanyak 5 orang. LKPD yang telah
dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh empat orang ahli sebagai validator
diantaranya ahli bahasa 85% (valid), ahli materi 90%, (valid), ahli desain 72,5%
(Cukup Valid) dan ahli pembelajaran/praktisi dalam hal ini tenaga pendidik 90%
xx
(valid). Sedangkan untuk hasil praktikalitas dengan melibatkan peserta didik
sebagai subjek penelitian memperoleh nilai yang sangat positif dengan hasil rata�rata 91,37% pada tingkat praktikalitas sangat praktis.
Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Kontekstual, Nilai Keislaman.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:20
Last Modified: 08 Feb 2023 07:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5242

Actions (login required)

View Item View Item