PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 PALOPO

MASYHUR, MUHAJIR (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUHAJIR MASYHUR.pdf] Text
MUHAJIR MASYHUR.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhajir Masyhur, 2022. “Persepsi siswa Terhadap Penerapan Pembelajaran
Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada Pelajaran Matematika di SMP Negeri
1 Palopo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Pembimbing (1) Nur Rahmah (II) Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang persepsi siswa terhadap pembelajaran tatap
muka terbatas (PTMT) pada pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Palopo. Fakta
yang ada di lapangan masih ada beberapa siswa yang kurang merespon dan
kurang memahami apa yang disampaikan guru hal tersebut dikarenakan mereka
kurang fokus pada pembelajaran dan kadang fokus pada kegiatan yang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran
tatap muka terbatas (PTMT) pada pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Palopo.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan
populasinya adalah seluru siswa SMP Negeri 1 Palopo tahun ajaran 2021/2022
berjumlah 916 orang siswa sedangkan sampelnya sebanyak 90 orang siswa yang
diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik analisis statistik deskriptif menggunakan rumus persentase dengan
bantuan Microsoft Office Excel.
Hasil penelitian menujukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran
tatap muka terbatas (PTMT) pada pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Palopo
tergolong baik. Hal ini terlihat dari kedua indikator persepsi siswa terhadap
pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) yang dinilai yaitu untuk indikator
penerimaan sebesar 73,69% dengan kategori baik dan indikator evaluasi sebesar
75,83% dengan kategori baik. Hasil tersebut diartikan sebagai persepsi siswa
terhadap pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) pada pelajaran matematika di
SMP Negeri 1 Palopo pada indikator penerimaan dan indikator evaluasi, secara
keseluruhan mendapat 74,47% dengan kategori baik.
Kata Kunci : Pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), persepsi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:21
Last Modified: 09 Feb 2023 02:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item