URGENSI MEDIA TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DARUL KHAERIYAH BALANDAI KECAMATAN BARA KOTA PALOPO

RAHMA, NUR AIDAH (2022) URGENSI MEDIA TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DARUL KHAERIYAH BALANDAI KECAMATAN BARA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NUR AIDAH RAHMA.pdf] Text
NUR AIDAH RAHMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Aidah Rahma, 2022. “Urgensi Media Teknologi dalam Pembelajaran
Baca Tulis Al-Qur’an Santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Darul
Khaeriyah Balandai Kecamatan Bara Kota Palopo”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Mardi Takwim dan
Salmilah.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui urgensi media
teknologi dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an santri di Taman Pendidikan al�Qur’an Darul Khaeriyah Balandai Kecamatan Bara Kota Palopo. 2) Untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat media teknologi dalam
pembelajaran baca tulis al-Qur’an santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Darul
Khaeriyah Balandai Kecamatan Bara Kota Palopo.
Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif. Jenis
penelitian yang digunakan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang
digunakan adalah data primer dan sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah pedoman wawancara dan catatan lapangan observasi dan alat perekam
berupa handphone. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan datanya menggunakaan
triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Teknik analisis datanya adalah reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Urgensi media teknologi
dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an
Darul Khaeriyah Balandai Kecamatan Bara Kota Palopo dapat dilihat melalui
proses pembelajaran. Membahas proses pembelajaran dapat dilihat pada tahap
perencaaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi serta pemilihan media
teknologi pembelajaran yang baik. 2) Faktor pendukung dan penghambat media
teknologi terhadap baca tulis al-Qur’an santri di Taman Pendidikan al-Qur’an
Darul Khaeriyah Balandai Kecamatan Bara Kota Palopo. Hasil penelitian ini
terdapat beberapa faktor pendukung media teknologi terhadap baca tulis al-Qur’an
santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Darul Khaeriyah Balandai Kecamatan Bara
Kota Palopo: wi-fi, sebagai jaringan internet yang tersedia di Taman Pendidikan
Al-Qur’an sebagai faktor pendukung pembelajaran baca tulis al-Qur’an santri.
Tersedianya media teknologi pembelajaran. Listrik yang memadahi untuk proses
kegiatan pembelajaran. Santri semuanya sudah memiliki hp android, yang mampu
mendukung kegiatan pembelajaran online (daring). Adapun yang menjadi faktor
penghambat media teknologi dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an santri di
Taman Pendidikan Al-Qur’an Darul Khaeriyah Balandai Kecamatan Bara Kota
Palopo. Tidak semua santri memiliki jaringan internet yang maksimal atau
jaringan yang bagus dan cepat di rumah santri. Tidak semua santri pandai
menggunakan aplikasi pembelajaran online di hp android.
Kata Kunci: Media Teknologi, dan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:38
Last Modified: 13 Feb 2023 01:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item