PENGARUH BUDAYA KERJA DAN KEDISIPLINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 14 LUWU UTARA

SAHARAENI, SAHARAENI (2022) PENGARUH BUDAYA KERJA DAN KEDISIPLINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 14 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SAHARAENI.pdf] Text
SAHARAENI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
SAHARAENI, 2022. “Pengaruh Budaya Kerja dan Kedisiplinan Kepala Sekolah
Terhadap Kinerja Guru di SMAN 14 Luwu Utara”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Nurdin K. dan H. M. Arief R.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan budaya kerja;
penerapan kedisiplinan kepala sekolah; pengaruh budaya kerja terhadap kinerja
guru; pengaruh kedisiplinan kepala sekolah terhadap kinerja guru: serta pengaruh
budaya kerja dan kedisiplinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN 14
Luwu Utara.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Ex-Post facto korelasi dengan
populasi yang digunakan adalah seluruh guru di SMAN 14 Luwu Utara yang
berjumlah 26 orang, sedangkan sampelnya merupakan teknik sensus atau
sampling jenuh. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran angket dan
dokumentasi budaya kerja, kedisiplinan kepala sekolah, dan kinerja guru. Adapun
teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistika deskriptif
menggunakan rumus persentase dengan bantuan Microsoft Office Excel 2010,
analisis statistika inferensial, analisis regresi linear berganda, koefisien
determinasi dengan menggunakan software SPSS ver. 20.
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa 1) penerapan budaya kerja di
SMAN 14 Luwu Utara sudah berjalan dengan baik, hal ini terlihat dari rata-rata
persentase nilai responden pada angket budaya kerja sebesar 77%, 2) penerapan
kedisiplinan kepala sekolah di SMAN 14 Luwu Utara sudah berjalan dengan baik,
hal ini terlihat dari rata-rata persentase nilai responden pada angket kedisiplinan
kepala sekolah sebesar 50%, 3) budaya kerja berpengaruh positif secara parsial
terhadap kinerja guru, 4) kedisiplinan kepala sekolah berpengaruh negatif secara
parsial terhadap kinerja guru, 5) budaya kerja dan kedisiplinan kepala sekolah
berpengaruh positif secara simultan terhadap kinerja guru di SMAN 14 Luwu
Utara sebesar 34,5% sedangkan 65,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Budaya Kerja, Kedisiplinan, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:00
Last Modified: 13 Feb 2023 07:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5265

Actions (login required)

View Item View Item