PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE SUBTEMA PEREDARAN DARAHKU SEHAT PADA SISWA KELAS V DI SDN 38 BORA PALOPO

QOYYIMAH, NADILLAH DINA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE SUBTEMA PEREDARAN DARAHKU SEHAT PADA SISWA KELAS V DI SDN 38 BORA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NADILAH DINA QOYYIMAH.pdf] Text
NADILAH DINA QOYYIMAH.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Nadillah Dina Qoyyimah, 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis
Multiple Intelligence Subtema Peredaran Darahku Sehat pada
Siswa Kelas V di SDN 38 Bora Palopo” Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Pembimbing (I) Hilal Mahmud dan Pembimbing (II) Nursaeni.
Siswa menyelesaikan aktivitas belajar pada lembar kerja siswa adalah suatu hal
yang sering dijumpai pada proses belajar mengajar di kelas, akan tetapi siswa
menyelesaikan aktivitas belajar siswa yang melalui langkah-langkah aktivitasnya
menjadi fitur tumbuh kembang kecerdasan merupakan salah satu hal yang harus
dimiliki pada sebuah bahan ajar. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui
analisis Kebutuhan lembar kerja siswa berbasis multiple intelligence pada siswa
kelas V di SDN 38 Bora Palopo; mendeskripsikan bentuk rancangan awal lembar
kerja siswa berbasis multiple intelligence kelas V di SDN 38 Bora Palopo;
menguji kevalidan lembar kerja siswa berbasis multiple intelligence. Jenis
penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini menggunakan
pendekatan mixed-method. Fokus pada lembar kerja siswa berbasis multiple
intelligence materi peredaran darah pada manusia. Penelitian ini menggunakan
pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan di dalamnya dan 3 tahapan
diantaranya digunakan pada penelitian ini. Lembar kerja siswa yang telah
diselesaikan kemudian divalidasi oleh 3 validator ahli diantaranya: validator
desain, validator bahasa, dan validator materi. Hasil validasi kemudian dianalisis
untuk mengetahui kevalidan produk yang telah ditotalkan dan bernilai sangat
valid dengan presentase 97%. Hasil dibuktikan dengan nilai dari ahli materi 96%,
nilai dari ahli bahasa 100%, dan nilai dari ahli desain 95%.
Kata kunci: Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Multiple Intelligence,
Peredaran Darah pada Manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Feb 2023 00:15
Last Modified: 14 Feb 2023 00:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5269

Actions (login required)

View Item View Item