PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKN PADA POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IV DI SDN 178 TUBAN KECAMATAN TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR

ANIFAH, NURUL (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKN PADA POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IV DI SDN 178 TUBAN KECAMATAN TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURUL ANIFAH.pdf] Text
NURUL ANIFAH.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Anifah, 2022. “Pengembangan Modul Pembelajaran PKn pada Pokok
Bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Berbasis Kearifan
Lokal pada Siswa Kelas IV di SDN 178 Tuban Kecamatan
Tomoni Kabupaten Luwu Timur”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Nurdin K dan Edhy Rustan.
Skripsi ini membahas tentang Modul Keragaman Suku Bangsa dan
Budaya Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas IV di SDN 178 Tuban
Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Tujuan penelitian ini dilakukan
yaitu: 1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan modul pembelajaran PKn pada
pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya berbasis kearifan lokal pada
siswa kelas IV di SDN 178 Tuban Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur.
2) Untuk mengetahui rancangan dalam mengembangkan modul keragaman suku
bangsa dan budaya berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV di SDN 178 Tuban
Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. 3) Untuk mengetahui validitas
modul pada pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya berbasis kearifan
lokal pada siswa kelas IV di SDN 178 Tuban Kecamatan Tomoni Kabupaten
Luwu Timur. Jenis penelitian ini yaitu (R&D) dan menggunakan model Banathy.
Hasil penelitian yaitu: 1) peneliti menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan
kebutuhan siswa yaitu bahan ajar berupa modul, 2) perancangan modul di desain
dengan menggunakan banyak gambar agar menarik minat belajar siswa. 3)
kevalidan bahan ajar modul mendapat nilai 81% dari validator bahasa (valid),
78% dari validator desain (valid), 84% dari validator materi (valid). Kesimpulan
dari penelitian ini adalah peneliti menghasilkan modul pembelajaran dengan
desain yang dilengkapi gambar-gambar serta produk dinyatakan valid oleh 3
validator sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Modul Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Kecamatan Tomoni
Kabupaten Luwu Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Feb 2023 00:50
Last Modified: 14 Feb 2023 00:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5270

Actions (login required)

View Item View Item