MODUL ANTI KEKERASAN BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL (PENELITIAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA KELAS VI MI DATOK SULAIMAN PUTRA)

WILDA, WILDA (2022) MODUL ANTI KEKERASAN BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL (PENELITIAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA KELAS VI MI DATOK SULAIMAN PUTRA). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WILDA.pdf] Text
WILDA.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK
Wilda. 2022. Modul Anti Kekerasan Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Penelitian
Pengembangan Pembelajaran Membaca Cerpen Pada Siswa Kelas VI MI
Datok Sulaiman Putra). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Ibu Nursyamsi dan Bapak Edhy Rustan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kebutuhan modul anti
kekerasan dalam materi membaca cerpen berbasis nilai kearifan lokal pada siswa
kelas VI MI Datok Sulaiman Putra (2) Mengetahui rancangan modul anti kekerasan
dalam materi membaca cerpen berbasis nilai kearifan lokal pada siswa kelas VI MI
Datok Sulaiman Putra (3) Menilai validitas modul anti kekerasan dalam materi
membaca cerpen berbasis nilai kearifan lokal pada siswa kelas VI MI Datok
Sulaiman Putra.
Dalam mengembangkan produk rancangan bahan ajar menggunakan model
pengembangan Dick And Carey yang terdiri dari 4 langkah yaitu (1) Analisis
kebutuhan, (2) Analisis tujuan pembelajaran (3) Analisis siswa, dan (4)
Pengembangan bahan ajar. Dalam tahap produk pengembangan produk berupa modul
telah direvisi terkait dari beberapa aspek (1) Setiap penulisan nama harus diawali
dengan huruf kapital (2) Memperbaiki penulisan cerita pendek (3) Dalam setiap soal
harus dicantumkan kunci jawaban.
Setelah bahan ajar dinilai oleh tiga orang ahli kemudian menganalisis data
kevalidan bahan ajar modul seperti kevalidan bahasa bahan ajar berupa modul
membaca cerpen dengan presentase skor 75% dan masuk dalam kategori valid,
kevalidan materi bahan ajar berupa modul membaca cerpen dengan presentase skor
75% dan masuk dalam kategori valid sedangkan Ahli desain yaitu presentase skor
65% dalam kategori valid.
Kata kunci: Modul anti kekerasan membaca cerpen berbasis nilai kearifan lokal

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Feb 2023 00:56
Last Modified: 14 Feb 2023 00:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item View Item