PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI MEDIA VIDEO (Studi Kasus Di Kelas V MI Datok Sulaiman Bagian Putra Palopo)

SALAM, IRWANA (2022) PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI MEDIA VIDEO (Studi Kasus Di Kelas V MI Datok Sulaiman Bagian Putra Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of IRWANA SALAM.pdf] Text
IRWANA SALAM.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Irwana Salam, 2021, ’’Pembelajaran Fiqih Melalui Media Video(Studi Kasus
Kelas V MI Datok Sulaiman bagian Putra Palopo)”Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Mawardi dan Nur Rahmah.
Skripsi ini dilatar belakangi oleh terdapatnya beberapa peserta didik yang
belum mengerti tentang wudhu, syarat sah dan kewajiban wudhu dan sebagainya
yang disebabkan oleh kurangnya bahan ajar yang ada dan juga kurang efektifnya
guru dalam memberikan pengajaran sehingga membuat para peserta didik masih
kurang paham mengenai wudhu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana Kemampuan peserta didik dalam mempraktekkan wudhu melalui
media video pada materi wudhu, juga untuk mengetahui Apa kendala
pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan video dan bagaimana upaya
mengatasinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deksriptif. Adapun Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi, kredibilitas yang digunakan dengan menggunakan pengamatan
terus menerus selama satu bulan, yang digunakan untuk mendapatkan informasi
tentang pembelajaran fiqih melalui media video (studi kasus kelas V MI Datok
Sulaiman bagian putra palopo). Teknik analisis data adalah reduksi data,
penyajian data dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih
melalui media video (studi kasus kelas V MI Datok sulaiman bagian putra
palopo) yaitu kemampuan peserta didik dalam mempratekkan wudhu pada saat
meggunakan media video pada materi wudhu yaitu mengalami perkembangan,
peserta didik cepat memahami dan mencontohkan cara berwudhu dengan baik.
Kendala pelaksanaan pembelajaran ketika menggunakan media video yaitu,
pemanfaatan atau menggunakan media dalam proses pembelajaran, fasilitas yang
tidak memadai seperti LCD, dll. Metode yang biasa digunakan yaitu metode
demonstrasi, adapun pendekatan yang digunakan guru adalah pendekatan proses.
Adapun cara mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran menggunakan
video berlangsung kemudian video yang digunakan harus menarik dan kreatif
sehingga peserta didik tidak jenuh atau tidak cepat bosan.
Kata Kunci : Pembelajaran Fiqih, Media Video.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:06
Last Modified: 15 Feb 2023 01:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5317

Actions (login required)

View Item View Item