PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MATERI TAJWID DENGAN PENGGUNAAN METODE MBTA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN PALOPO

SUPRIAD, SUPRIAD (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MATERI TAJWID DENGAN PENGGUNAAN METODE MBTA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SUPRIADI.pdf] Text
SUPRIADI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Supriadi, 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Materi Tajwid
dengan Penggunaan Metode MBTA pada Peserta Didik Kelas XI MAN
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Ibu St. Marwiyah dan Bapak Mawardi.
Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis
Materi Tajwid dengan Penggunaan Metode MBTA pada Peserta Didik Kelas XI
MAN Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui cara meningkatkan
hasil belajar peserta didik kelas XI MAN Palopo pada pembelajaran Al-Qur’an
Hadis materi tajwid (penerapan hukum bacaan pada ayat-ayat al-Qur’an) dengan
penggunaan metode MBTA dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
peserta didik dengan penggunaan metode MBTA pada pembelajaran Al-Qur’an
Hadis materi tajwid (penerapan hukum bacaan pada ayat-ayat al-Qur’an) di kelas
XI MAN Palopo.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri
dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II tiap siklusnya terdiri dari empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah peserta didik kelas XI (XI PK 3) MAN Palopo tahun ajaran 2021/2022,
dengan jumlah peserta didik 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
penulis adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data
menggunakan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Dalam meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas XI MAN Palopo pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis
materi tajwid dengan penggunaan metode MBTA, maka dilakukan suatu kegiatan
pembelajaran sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar, dan diakhir
pembelajaran dilakukan tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta
didik setelah penggunaan metode MBTA. Peserta didik mengalami peningkatan
ketuntasan hasil belajar disetiap siklusnya. Data ketuntasan hasil belajar peserta
didik pada siklus I sebesar 37,5% atau 6 peserta didik yang tuntas dan yang belum
tuntas sebesar 62,5% atau 9 peserta didik. Pada siklus II data ketuntasan hasil
belajar peserta didik sebesar 93,75% atau 15 peserta didik yang tuntas dan yang
belum tuntas sebesar 6,25% atau 1 peserta didik. Dari siklus I ke siklus II
mengalami peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 9 peserta didik atau sebesar
56,25%, sehingga hasil yang diperoleh siklus II sebesar 93,75% lebih besar dari
KKM klasikal yang telah ditentukan yaitu 85%. Maka dari itu, penelitian tindakan
kelas dengan penggunaan metode MBTA pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis
materi tajwid dinyatakan berhasil karena dapat meningkatkan ketuntasan hasil
belajar peserta didik kelas XI MAN Palopo.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadis, Tajwid, MBTA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:22
Last Modified: 15 Feb 2023 01:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5318

Actions (login required)

View Item View Item