PENGARUH PENGETAHUAN DAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KOTA PALOPO (Studi Masyarakat Kelurahan Batu Walenrang)

RAHMI, RAHMI (2022) PENGARUH PENGETAHUAN DAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KOTA PALOPO (Studi Masyarakat Kelurahan Batu Walenrang). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI RAHMI.PDF] Text
SKRIPSI RAHMI.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmi, 2022.“Pengaruh Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat Terhadap
Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kota
Palopo (Studi Masyarakat Kelurahan Batu Walenrang”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Adzan
Noor Bakri.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat
Terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini
bertujuan: untuk menguji pengaruh variabel pengetahuan terhadap minat menjadi
nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI); untuk menguji pengaruh variabel
kesadaran terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI); untuk
menguji pengaruh variabel pengetahuan dan kesadaran masyarakat secara simultan
terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah (BSI). Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Populasi dalam penelitian ini yaitu semua masyarakat Kelurahan Batu Walenrang
yang terdiri atas 1.834 jiwa. Pengambilan jumlah sampel dilakukan dengan rumus
slovin dan didapatkan sampel sebanyak 95 jiwa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling, dimana sampel diambil secara acak
sehingga semua populasi mempunyai peluang dan kesempatan yang sama untuk
dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel pengetahuan
(X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah di Bank
Syariah Indonesia (Y) dimana t hitung 2,352 > 1,661 t tabel dan nilai signifikan
sebesar 0,021 (0,021 < 0,05). 2) variabel kesadaran (X2) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia (Y) dimana
t hitung 5,168 > 1,661 t tabel dan nilai signifikan yaitu 0,000 (0,000 < 0,05). 3)
variabel pengetahuan dan kesadaran berpengaruh secara simultan dan signifikan
terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia dimana nilai F hitung
22,117 > 3,10 F tabel dan nilai signifikan 0,000 (0,000 < 0,05). 4) variabel
pengetahuan dan kesadaran berkontribusi secara bersama-sama terhadap minat
menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia sebesar 32,5%.
Kata Kunci: Pengetahuan, Kesadaran, Minat Menjadi Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:05
Last Modified: 15 Feb 2023 02:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5325

Actions (login required)

View Item View Item