ANALISIS HAMBATAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII.8 MTsN BELOPA

ISMAIL, NUNUNG (2022) ANALISIS HAMBATAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII.8 MTsN BELOPA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NUNUNG ISMAIL.pdf] Text
NUNUNG ISMAIL.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nunung Ismail, 2022.“ Analisis Hambatan Penggunaan Teknologi
Informsi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Matematika
Kelas VII.8 MTsN Belopa”. Skripsi Program Studi Tadris
Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin dan Nilam
Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas tentang hambatan penggunaan Teknologi Informasi
dan Komunikas dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan
aplikasi Microsoft Excel dan Microsoft Word pada materi arimatika sosial
kelas VII.8 MTsN Belopa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hambatan-hambatan apa saja yang dialami siswa kelas VII.8 MTsN Belopa
selama penerapan TIK dalam pembelajaran matematika. Metode yang
digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek
penelitian ini 7 orang siswa kelas VII.8 yang terdiri dari 4 orang siswa
perempuan dan 3 orang siswa laki-laki, serta 1 orang tenaga pendidik
(guru) matematika kelas VII.8. Pengambilan sampel menggunakan metode
purposive sampling. Ada 5 hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran
matematika di sekolah : 1) Penolakan atau keengganan untuk berubah, 2)
Kesipan SDM, 3) Ketersediaan fasilitas TIK, 4) Ketersediaan bahan belajar
berbasis aneka sumber, 5) keberlangsungan. Hasil penelitian ini
menunjukkan ada beberapa hambatan-hambatan yang dialami siswa kelas
VII.8 MTsN Belopa yaitu: 1) Kesipan SDM, 2) Ketersediaan fasilitas TIK,
3) Ketersediaan bahan belajar berbasis aneka sumber. Solusi yang di
berikan guru/tenaga pendidik yaitu guru harus lebih disiplin dan teliti
dalam manage waktu, mempersiapkan secara matang konsep-konsep
pembelajaran berdasarkan standar kompetensi, agar kegiatan pembelajaran
dapat berjalan efektif.
Kata kunci : Analisis Hambatan, TIK( Teknologi Informasi dan
Komunikasi) Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Feb 2023 07:05
Last Modified: 15 Feb 2023 07:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5333

Actions (login required)

View Item View Item