KLASIFIKASI PENELITIAN PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

RAHMATULLAH, PIKA (2022) KLASIFIKASI PENELITIAN PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of PIKA RAHMATULLAH.pdf] Text
PIKA RAHMATULLAH.pdf

Download (964kB)

Abstract

ABSTRAK
Pika Rahmatullah, 2022.“Klasifikasi Penelitian Peran Guru Akidah Akhlak dalam
Pembentukan Karakter Peserta Didik”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institusi Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Kartini, dan Mustafa.
Skripsi ini membahas tentang Klasifikasi Penelitian Peran Guru Akidah Akhlak Dalam
Pembentukan Karakter Peserta Didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab
permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimanakah hasil penelitian terdahulu yang relevan
tentang Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta didik pada 3 tahun
terakhir. (2) Adakah faktor penghambat yang dialami peneliti dalam penelitian klasifikasi
penelitian peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter pserta didik. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka. Dengan
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penelitian ini menggunakan 10 hasil penelitian terdahulu yang relevan yang berkaitan tentang
peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik yang diteliti oleh Ulfatul
Chasanah Maulida, Nurul Muminah, Yuyun, Muhammad Anugrah Ramadhan, Imam As’ad
Al-abror, Dopi Adi Saputra, Armina, Pepia Nopriani, Ayu Windari dan Kartika. Kemudian di
klasifikaikan ke dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk dijadikan bahan
penelitian. Adapun kelebihan dalam penelitian ini yaitu membuktikan keaslian penelitian
bahwa penelitian ini berbeda dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Dan kekurangan
dalam penelitian ini yaitu sering dianggap kurang penting karena hanya membuktikan bahwa
penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumya. Serta hambatan dalam penelitian ini adalah
keterbatasan waktu dan kadang-kadang peneliti kesulitan dalam mencari data-data yang akan
dijadikan bahan penelitian jika sarana yang digunakan tidak mendukung.
Kata Kunci: Klasifikasi, Peran Guru, dan Karakter Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:00
Last Modified: 16 Feb 2023 01:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item