PENINGKATAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TK MUTIARA SALUPAO KOTA PALOPO

HAERUNNISA, HAERUNNISA (2022) PENINGKATAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TK MUTIARA SALUPAO KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HAERUNNISA.PDF] Text
HAERUNNISA.PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Haerunisa 2021. Peniningkatan Minat Belajar Anak Melalui Metode Bercerita Di
TK Mutiara Salupao Kota Palopo Skripsi, Program Studi Pendidikan
Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri( IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Nur Rahmah dan
Mirnawati
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan
siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Permasalahan pokok
masalah ini adalah : Bagaimanakah Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui
Metode Bercerita Di TK Mutiara Salupao. Penelitian Ini bertujuan : Untuk
Meningkatkan minat belajar anak. Subjek dalam penelitian ini Anak TK Mutiara
Salupao pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah anak 14
orang, 7 perempuan 7 laki-laki.penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dua
siklus dengan tema Binatang, subtema Binatang Darat. Alat pengumpulan data yang
digunakan terdiri dari instrument pembelajaran, evaluasi (tes dan non tes)
dokumentasi, serta observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan
menggunakan metode bercerita hasil minat siswa setiap siklusnya mengalami
perubahan secara signifkan. Hasil minat belajar pada anak TK Mutiara Salupao
dengan metode bercerita materi binatang darat diperoleh bahwa rata-rata hasil minat
belajar siswa pada siklus 1 adalah sebesar 70 dan siklus II 85.
Kata Kunci:Peningkatan Minat Belajar, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:39
Last Modified: 16 Feb 2023 01:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5342

Actions (login required)

View Item View Item