PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV MI DATOK SULAIMAN PALOPO

MISNAHWATI PH, MUSDALIFAH (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV MI DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUSDALIFAH MISNAHWATI PH.pdf] Text
MUSDALIFAH MISNAHWATI PH.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Musdalifah Misnahwati PH, 2021, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS)
Subetma Keberagaman Budaya Bangsaku Terintegrasi
Ayat-ayat Al-Qur‟an pada siswa Kelas IV MI Datok
Sulaiman Palopo.”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbimbing oleh
Nurdin. K dan Lilis Suryani.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui analisis kebutuhan lembar
kerja siswa subtema keberagaman budaya bangsaku terintegrasi ayat-ayat Al�qur‟an pada siswa kelas IV MI Datok Sulaiman Palopo; Untuk mengetahui
prosedur pengembangan lembar kerja siswa subtema keberagaman budaya
bangsaku terintegrasi ayat-ayat Al-qur‟an pada siswa kelas IV MI Datok Sulaiman
Palopo; Untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan lembar kerja siswa subtema
keberagaman budaya bangsaku terintegrasi ayat-ayat Al-qur‟an pada siswa kelas
IV MI Datok Sulaiman Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development
(R & D). dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap
pengembangan, yaitu : (1) tahap Analysis, (2) tahap Design, (3) tahap
Development, (4) tahap Implementation, (5) tahap Evaluation. Penelitian ini
dilakukan dikelas IV MI Datok Sulaiman Palopo, yang bertindak sebagai subjek
penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dokumen,
dukumentasi dan validasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti untuk
menguji kevalidanya menggunakan rumus skala liker, sedangkan observasi dan
wawancara menggunakan analisis deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa
(LKS) yang diuji validitas oleh beberapa pakar ahli diantaranya, Hasil validasi
dari ahli materi dan desain memperoleh persentase 92,5% dengan kategori sangat
valid, hasil validasi dari ahli bahasa memperoleh persentase 75% dengan kategori
valid, dan hasil validasi dari ahli keagamaan memperoleh persentase 91,7%
dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil angket respon siswa untuk
mengetahui kepraktisanya LKS memperoleh persentase 85,94%, dengan kategori
sangat praktis.
Kata Kunci : Pengembangan Lembar Kerja Siswa Terintegrasi Ayat ayat Al�Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:37
Last Modified: 16 Feb 2023 02:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5351

Actions (login required)

View Item View Item