PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILL) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN QUIZIZZ PADA SISWA KELAS VIII SMPN SATAP SAMPEANG

NOVITASARI, INDAH (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILL) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN QUIZIZZ PADA SISWA KELAS VIII SMPN SATAP SAMPEANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of INDAH NOVITASARI.pdf] Text
INDAH NOVITASARI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Indah Novitasari, 2021, Pengembangan Instrumen Soal HOTS (Higher Order
Thingking Skill) Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Quizizz pada
Kelas VIII SMPN Satap Sampeang. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Dr. Hilal Mahmud dan Sitti
Zuhaerah Thalhah.
Selama kegiatan pembelajaran berlangsung secara daring masih banyak siswa kurang
berperan aktif yang menyebabkan hasil kemampuan siswa menurun sehingga peneliti
mendesain sebuah pengembangan Instrumen soal HOTS (Higher Order Thingking
Skill) materi bangun ruang sisi datar menggunakan quizizz pada kelas VIII SMPN
Satap Sampeang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
pengembangan soal HOTS (Higher Order Thingking Skill) materi bangun ruang sisi
datar menggunakan quizizz pada siswa kelas VIII SMPN Satap Sampeang, yang
dikembangkan memenuhi kriteria Valid, reliabel, dan mampu meningkatkan
kemampuan siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D)
yang menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: (1) analisis (Analyze)
(2) perancangan (Design) (3) pengembangan (Development) (4) implementasi
(Implementation) dan (5) evaluasi (Evaluation), untuk menghasilkan produk soal
HOTS (Higher Order Thingking Skill) yang disebar melalui quizizz. Penelitian ini
dilakukan di SMPN Satap Sampeang dengan subjek penelitian yaitu 20 siswa kelas
VIII. Hasil penelitian ini memenuhi kriteria valid, reliabel digunakan untuk
mengetahui hasil dari kemampuan siswa selama kegiatan pembelajaran secara daring
berlangsung, dilihat dari penilaian ahli materi (90%) dengan kategori sangat valid,
ahli media (83%) dengan kategori valid, validitas kontruk memiliki nilai r tabel > r
hitung yang dikategorikan sudah valid, hasil uji reliabilitas memiliki nilai sebesar
0,799 termasuk dengan kategori tinggi, hasil uji tingkat kesukaran rata-rata 0,54 yang
tingkat kesukarannya memiliki kulitas baik dan hasil uji daya pembeda rata-rata
0,444 dengan berkemampuan baik, uji praktikalitas siswa (89%) dengan kategori
sangat praktis, serta hasil uji kemampuan siswa memiliki nilai rata-rata 71 dengan
kategori baik.
Kata Kunci : Soal HOTS, Bangun Ruang Sisi Datar, Quizizz

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:39
Last Modified: 16 Feb 2023 06:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5354

Actions (login required)

View Item View Item