UPAYA PENINGKATAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA FIND AND MATCH BOX DI TKIT WAHDAH ISLAMIYAH 04 KALAENA KABUPATEN LUWU TIMUR

APRIANI, BAIQ LINDA (2022) UPAYA PENINGKATAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA FIND AND MATCH BOX DI TKIT WAHDAH ISLAMIYAH 04 KALAENA KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of BAIQ LINDA APRIANI.pdf] Text
BAIQ LINDA APRIANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Baiq Linda Apriani, 2022. “Upaya Peningkatan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
Melalui Media Find And Match Box di TKIT Wahdah Islamiyah 04
Kalaena Kabupaten Luwu Timur”, Skripsi Program Studi Pendidikan
Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hasri dan Subhan.
Skripsi ini membahas tentang bagaimana kemampuan kognitif belajar anak
dan manfaat dari Media Find And Match Box di kelompok B TKIT Wahdah
Islamiyah 04 Kalaena Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan kemampuan belajar anak dan manfaat Media Find And
Match Box di kelompok B TKIT Wahdah Islamiyah 04 Kalaena Kabupaten Luwu
Timur.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan
dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali
pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah anak Kelompok B TKIT Wahdah
Islamiyah 04 Kalaena Kabupaten Luwu Timur Tahun ajaran 2021/2022, yang
berjumlah 16 orang anak, yang teridiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.
Metode pemecahan masalah digunakan yaitu menerapkan proses belajar mengajar
degan menggunakan Find And Match Box. Meningkatkan kemampuan kognitif
belajar anak dan mengetahui manfaat Media Find And Match Box yang diperoleh
dari wawancara observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara
statistik deskriptif. Keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan anak mendapatkan
skor hasil. penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar anak.
Skor pada kondisi awal atau sebelum tindakan sebesar 32% dari jumlah
indikator dan belum memenuhi berkategori baik. Siklus I dengan rata-rata ketuntasan
klasikal belum mencapai target yaitu 80% dan pada siklus 2 telah mencapai target
dengan rata-rata persentase 87%, dan manfaat dari Media Find And Match Box yaitu
proses pembelajaran efektif, mudah menarik perhatian anak, semangat anak
meningkat, kepercayaan diri anak meningkat. Dengan demikian penelitian tindakan
kelas (PTK) ini dikatakan berhasil sehingga penelitian merekomendasikan
pembelajaran menggunakan Find And Match Box dapat meningkatkan kemampuan
kognitif belajar anak di kelompok B TKIT Wahdah Islamiyah 04 Kalaena Kabupaten
Luwu Timur.
Kata Kunci : Anak Usia 5-6 Tahun, Find And Match Box, Kemampuan Kognitif.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:45
Last Modified: 16 Feb 2023 06:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5355

Actions (login required)

View Item View Item