INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI ERA PENDIDIKAN 4.0 (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH DDI MASAMBA)

MUHLIS, MUHLIS (2022) INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI ERA PENDIDIKAN 4.0 (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH DDI MASAMBA). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUHLIS.pdf] Text
MUHLIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhlis, 2022. “Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Proses
Pembelajaran di Era Pendidikan 4.0 (Studi Kasus Madrasah Aliyah di
Masamba)”. Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Kaharuddin
dan Munir Yusuf. Tesis ini menggambarkan beberapa fokus penelitian, 1) Bagaimana
Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Proses Pembelajaran di Era
Pendidikan 4.0 di Madrasah Aliyah DDI Masamba? 2) Bagaimana Hambatan dan
Solusi Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Proses Pembelajarab di
Era Pendidikan 4.0 di Madrasah Aliyah DDI Masamba?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan
fenomenologis. Sumber data yaitu data primer bersumber dari kepala Madrasah,
guru, peserta didik. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada
kaitannya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan
data adalah peneliti sendiri yang berfungsi menetapkan dan memilih informan
sebagai sumber data, analisis data, menafsirkan data, serta instrumen dalam
mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Integrasi pendidikan akhlak
bermuara antara ilmu agama dan ilmu umum agar tidak menimbulkan dikotomi
antara ilmu agama dan ilmu umum, karena keduanya memiliki peran masing- masing yang selaras satu sama lain. Pendidikan akhlak harus mampu menjawab
tantangan era globalisasi dan peserta didk harus mampu mengikuti kemajuan
media IT (informasi dan teknologi) yang ada saat ini, yang telah menjelma
menjadi alat komunikasi yang efektif, dan inspirasi inovasi, peluang ini harus bisa
dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Revolusi industri 4.0 dengan inovasi
disrupsi menempatkan pendidikan akhlak dalam perjuangan eksistensi yang ketat.
Maka Madrasah Aliyah DDI Masamba, tidak lepas dari sistem pembelajaran
TRILOGI DDI menjadikan pendidikan 4.0 sebagai transfer of knowledge and skill
dalam mengembangkan proses intelektualisasi dan memerhatikan dalam
pembinaan “qalbun salim”. 2) Hambatan a) Pengaruh Kemajuan teknologi yang
disalahgunakan. b) Lingkungan Masyarakat, c) Tidak sinkronnya pendidikan atau
aturan di sekolah dan di rumah. d) Peran guru belum dapat menjadi teladan atas
nilai-nilai karakter yang dipilihnya. Solusi salah satu alternatif yang dapat
dilakukan adalah mengembangkan pendidikan yang berwawasan global. Dengan
pemanfaatan teknologi pendidikan. Selain itu, program pendidikan harus
diperbaharui, dibangun kembali atau dimoderenisasi sehingga dapat memenuhi
harapan dan fungsi yang dipikulkan dengan mengembangan wawasan intelektual
yang kreatif dan dinamis dalam sinaran dan terintegrasi dengan Islam harus segera
dipercepat prosesnya serta secularization, yaitu industrialisasi sebuah masyarakat
yang berarti diferensiasi fungsional dari struktur sosial dan sistem keagamaannya
Kata Kunci: Integrasi, Akhlak, Pendidikan 4.0

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:27
Last Modified: 17 Feb 2023 07:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5386

Actions (login required)

View Item View Item