ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI SMP NEGERI 1 TOWUTI

AHMAD, HARNI (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI SMP NEGERI 1 TOWUTI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HARNI AHMAD.pdf] Text
HARNI AHMAD.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Harni Ahmad, 2022, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal
Cerita Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Prosedur
Newman di SMP Negeri 1 Towuti”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Nasaruddin dan Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang analisis jenis kesalahan serta penyebab peserta didik
melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan
prosedur Newman di SMP Negeri 1 Towuti. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta penyebab siswa
melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita mata pelajaran matematika
berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 6 orang peserta
didik kelas VII B. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Jenis kesalahan yang
dilakukan peserta didik berdasarkan prosedur Newman yaitu kesalahan
pemahaman sebanyak 20,00%, kesalahan transformasi sebanyak 93,33%,
kesalahan kemampuan memproses sebanyak 93,33% serta kesalahan penulisan
jawaban akhir sebanyak 100,00%. 2) Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan
berdasarkan prosedur Newman yaitu Kesalahan pemahaman, penyebabnya karena
terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Kesalahan transformasi, penyebabnya
karena tidak mengetahui rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal.
Kesalahan kemampuan memproses, penyebabnya karena tidak mengetahui
langkah-langkah dalam menyelesaikan soal, serta melakukan kesalahan dalam
melakukan perhitungan soal. Kesalahan penulisan jawaban akhir, penyebabnya
karena salah pada tahap sebelumnya dan siswa tidak tebiasa menuliskan jawaban
akhir pada saat menyelesaikan soal cerita.
Kata Kunci: Kesalahan siswa, Prosedur Newman, Perbandingan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:26
Last Modified: 20 Feb 2023 01:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item