IMPLEMENTASI TAUHID SOSIAL SEBAGAI PRINSIP PENDIDIKAN MODERASI DALAM KELUARGA DI KELURAHAN BALIASE KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

M. FIKRIAWAN S, M. FIKRIAWAN S (2022) IMPLEMENTASI TAUHID SOSIAL SEBAGAI PRINSIP PENDIDIKAN MODERASI DALAM KELUARGA DI KELURAHAN BALIASE KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of M. FIKRIAWAN S.pdf] Text
M. FIKRIAWAN S.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
M. Fikriawan S, 2022, “Implementasi Tauhid Sosial Sebagai Prinsip Pendidikan
Moderasi Dalam Keluarga di Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba
Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Nurdin Kaso dan Muh. Agil Amin.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Tauhid Sosial Sebagai
Prinsisp Pendidikan Moderasi Dalam Keluarga di Kelurahan Baliase Kecamatan
Masamba Kabupaten Luwu Utara. Adapun yang menjadi permasalahan dalam
skripsi ini yaitu : 1. Bagaimana gambaran Pendidikan moderasi beragama dalam
keluarga muslim di Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu
Utara?, 2. Bagaimana implementasi tauhid sosial sebagai prinsip pendidikan
dalam Keluarga muslim di Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten
Luwu Utara?. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mengetahui gambaran Pendidikan
moderasi beragama dalam keluarga muslim di Kelurahan Baliase Kecamatan
Masamba Kabupaten Luwu Utara. 2. Mengetahui implementasi tauhid sosial
sebagai prinsip pendidikan dalam keluarga muslim di Kelurahan Baliase
Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang
memberikan gambaran tentang situasi dan kejadian secara faktual dan sistematis
mengenai faktor-faktor, sifat-sifat, serta hubungan dan fenomena yang dimiliki
untuk melakukan aktualisasi dasar-dasarnya saja. Artinya, penelitian ini berupaya
mendeskripsikan, mencatat, menganalisis, dan menginterpretasikan apa yang
diteliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Gambaran pendidikan
moderasi beragama dalam keluarga dikelurahan Baliase menggunakan metode
yaitu nasehat, keteladanan, dan pembiasaan. Metode tersebut menjadi bentuk
pendidikan moderasi beragama oleh orang tua pada anak di dalam keluarga. 2).
Bentuk implementasi tauhid sosial sebagai prinsip pendidikan dalam keluarga
muslim di Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba yaitu pendidikan tauhid sosial
yang mengatur pola hubungan antara Allah dan manusia. Pendidikan yang
mengatur pola hubungan antara manusia tersebut yaitu dengan menyuruh anak
untuk beribada selain itu pendidikan tentang akidah bahwa Allah itu maha
medengar dan maha melihat, adapun pendidikan tauhid sosial yang mengatur pola
hubungan antara manusia yaitu pendidikan akhlak yang mulia.
Kata kunci : Tauhid Sosial, Pendidikan Moderasi, Keluarga

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:38
Last Modified: 20 Feb 2023 01:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5393

Actions (login required)

View Item View Item