PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH MENABUNG DI BSI MASAMBA DENGAN KEPUASAN SEBAGAI PEMODERAS

YUYUN, YUYUN (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH MENABUNG DI BSI MASAMBA DENGAN KEPUASAN SEBAGAI PEMODERAS. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi yuyun bundel.pdf] Text
Skripsi yuyun bundel.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Yuyun, 2022.” Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah
Menabung di BSI Masamba Dengan Kepuasan Sebagai Pemoderasi”.
Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Takdir dan
Nur Ariani Aqidah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan karyawan
terhadap kepercayaan nasabah menabung di bank syariah dengan variabel
moderasi kepuasaan nasabah bank syariah di masamba. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner yang disebar secara online
kepada nasabah di BSI Cabang Masamba. Teknik pengambilan sampel
menggunakan accidental sampling dimana teknik penentuan sampel berdasarkan
kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan (accidental) bertemu dengan
peneliti dapat digunakan sebagai sampel, dengan rumus slovin yaitu sebanyak 98
sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan
MRA dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) Variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh terhadap kepercayaan
nasabah(Y) . Berdasarkan Uji t (uji parsial) dapat diketahui variabel kualitas
pelayanan (X) memperoleh nilai t hitung sebesar 8,285 dan t tabel sebesar
1,98498 sehingga t hitung > t tabel, dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Nilai
signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000< 0,05), (2) Uji Moderated
Regression Analysis (MRA) uji regresi variabel moderating didapatkan koefisien
regresi pada variabel Interaksi (perkalian antara kualitas pelayanan dengan kepuasan
nasabah) ttabel0,061<thitung sebesar 0,690. Maka disimpulkan bahwa kepuasan
nasabah tidak memoderasi pengaruh antara kualitas pelayanan pada kepercayaan.
Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,417, hal ini mengandung arti bahwa
Artinya, besarnya kemampuan variabel kualitas pelayanan dalam menjelaskan
kepercayaan nasabah adalah sebesar 41,7 % sedangkan 58,3 % dipengaruhi oleh
variabel lain diluar penelitian.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, kepercayaan nasabah, kepuasan nasabah, bank
syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:54
Last Modified: 20 Feb 2023 06:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5397

Actions (login required)

View Item View Item