STRATEGI BANK MUAMALAT KCP PALOPO DALAM MEMINIMALISIR PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

NURHALIMA, NURHALIMA (2022) STRATEGI BANK MUAMALAT KCP PALOPO DALAM MEMINIMALISIR PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI NURHALIMA .PDF] Text
SKRIPSI NURHALIMA .PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhalima, 2022. “ Strategi Bank Muamalat KCP Palopo Dalam Meminimalisir
Pembiayaan Bermasalah Pada Masa Pandemi Covid-19)”.
Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Hendra Safri.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Bank Muamalat KCP Palopo Dalam
Meminimalisir Pembiayaan Bermasalah Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisa strategi apa yang digunakan Bank Muamalat
KCP Palopo dalam meminimalisir pembiayaan bermasalah pada masa pandemi
covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif yang memfokuskan pada analisis strategi dalam
meminimalisir pembiayaan bermasalah di Bank Muamalat KCP Palopo. Lokasi
penelitian ini bertempat di PT. Bank Muamalat KCP Palopo. Adapun sumber data
dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data utama (primer) dan data
tambahan (sekunder) dengan metode pengumpulan data melalui cara pengamatan
(observasi), wawancara dan yang terakhir dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada Bank
Muamalat KCP Palopo yaitu ditinjau dari 2 faktor, yaitu faktor dari sisi nasabah:
kondisi usaha nasabah sedang menurun, karakter atau sikap nasabah yang tidak
jujur dalam memberikan informasi mengenai perkembangan usahanya. Selain itu
faktor dari sisi perusahaan atau bank: tidak terpenuhinya kelengkapan persyaratan
minimal, lemahnya pemantauan atau monitoring terhadap perkembangan usaha
nasabah, percaya begitu saja terhadap data yang diserahkan nasabah dan yang
terakhir karena lingkungan seperti bencana alam dan peraturan yang berubah.
Adapun strategi yang dilakukan Bank Muamalat KCP Palopo untuk menimalisir
pembiayaan bermasalah yaitu dengan melakukan pendekatan secara kekeluargaan
seperti silaturahmi, menghubungi lewat telepon atau whatssApp, memberi
peringatan, memperpanjang waktu angsuran sampai dilakukannya restrukturisasi.
Kata Kunci : Non Performing Financing, Pandemi, Bank Muamalat KCP Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:09
Last Modified: 20 Feb 2023 07:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5402

Actions (login required)

View Item View Item