P E N G E M B A N G A N M E D I A D I A G R A M B A T A N G KRE ATIF KOMODIT I PE RKEBUNAN (DRAKOR) MATERI STATISTIKA KELAS VI SDN 50 BULU DATU PALOPO

DINDA, MUTIARA (2021) P E N G E M B A N G A N M E D I A D I A G R A M B A T A N G KRE ATIF KOMODIT I PE RKEBUNAN (DRAKOR) MATERI STATISTIKA KELAS VI SDN 50 BULU DATU PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Mutiara Dinda.pdf] Text
Mutiara Dinda.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK
Mutiara Dinda,2021“ Pengembangan Media Diagram Batang Kreatif Komoditi
Perkebunan dalam pembelajaran Matematika Materi Statistika
Kelas VI SDN 50 Bulu Datu Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Edhy Rustan dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Kurangnya minat belajar peserta didik dan tidak menggunakan media
sebagai alat peraga dalam pembelajaran yang hanya berfokus pada buku cetak dan
papan tulis saja. Maka peneliti membuat penelitian ini bertujuan untuk (1)
Mengetahui kebutuhan media pembelajaran statistika diagram batang kreatif
komoditi perkebunan, (2) pengembangan media pembelajaran statistika diagram
batang kreatif komoditi perkebunan, (3) mengetahui validitas ahli media
pembelajaran statistika diagram batang kreatif komoditi perkebunan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and
Development) dilakukan di kelas VI SDN 50 Bulu Datu Palopo dengan
menggunakan instrumen analisis kebutuhan yaitu dengan dokumen, tes,
observasi, dan angket.. Untuk menghasilkan produk pengembangan media
diagram batang komoditi perkebunan (drakor) pada materi statistika peneliti
mengacu pada model ADDIE dengan lima langkah pengembangan yaitu Analyze,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun penelitian kali ini
peneliti hanya melakukan penelitian sampai tahap Develompent.
Berdasarkan hasil angket siswa dan wawancara guru diketahui bahwa
pesera didik lebih menyukai belajar menggunakan media Berdasarkan hasil
dari tes pemahaman peserta didik terdapat beberapa peserta didik yang tingkat
pengetahuan masih kurang. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian dan
minat belajar dari peserta didik yang belajar hanya berfokus pada buku cetak saja
tanpa media pembelajaran. Seperti yang kita ketahui salah satu penunjang
keberhasilan proses pembelajaran juga dari media pembelajaran yang digunakan.
Maka peneliti membuat media pembelajaran diagram batang kreatif komoditi
perkebunan materi statistika. Untuk mengetahui kelayakan produk peneliti
menyebar lembar validasi ahli desain, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa media pembelajaran drakor termasuk dalam kategori
sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran dilihat dari penilian ahli media(
95,83%) dengan kategori sangat valid, ahli materi ( 95 %) dengan kategori sangat
valid dan ahli bahasa ( 93 %) kategori sangat valid.
Kata Kunci : Media pembelajaran, statistika, model ADDIE

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:15
Last Modified: 20 Feb 2023 07:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5403

Actions (login required)

View Item View Item