PENGARUH TEKNOLOGI, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT NASABAH BSI DALAM MENGGUNAKAN M-BANKING (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PALOPO)

AMELIA, AYU (2023) PENGARUH TEKNOLOGI, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT NASABAH BSI DALAM MENGGUNAKAN M-BANKING (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI AYU AMELIA (18 0402 0140) stor.pdf] Text
SKRIPSI AYU AMELIA (18 0402 0140) stor.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ayu Amelia, 2022. “Pengaruh Teknologi, Kepercayaan, dan Kemudahan terhadap
Minat Nasabah BSI dalam Menggunakan M-Banking (Studi Kasus
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo)”.
Skripsi Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh M. Ikhsan Purnama.
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Teknologi, Kepercayaan, dan
Kemudahan terhadap Minat Nasabah BSI dalam Menggunakan M-Banking
khususnya pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo.
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pengaruh teknologi, kepercayann, dan
kemudahan terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Palopo
dalam menggunakan M-Banking; Untuk megetahui teknologi, kepercayaan, dan
kemudahan secara simultan berpengaruh terhadap minat mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo dalam menggunakan M-Banking. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini
yakni seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kota Palopo
yang menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Sampel penelitian ini sebanyak 92
reponden diambil dengan teknik pengambilan sampel probability sampling
dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan simple random sampling.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner.
Selanjutnya teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
kuantitatif dengan bantuan program SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis
kuantitatif untuk variabel Teknologi pada uji t nilai thitung > ttabel (2,045 > 1,987)
dan signifikansi 0,044 < 0,05, jadi teknologi berpengaruh terhadap minat nasabah
BSI dalam menggunakan M-Banking. Untuk variabel Kepercayaan pada uji t nilai
thitung < ttabel (1,038 < 1,987) dan signifikansi 0,302 > 0,05 sehingga kepercayaan
tidak berpengaruh terhadap minat nasabah BSI dalam menggunakan M-Banking.
Untuk variabel Kemudahan pada uji t nilai thitung > ttabel (2,506 > 1,987) dan
signifikansi 0,014 < 0,05 sehingga kemudahan berpengaruh terhadap minat
nasabah BSI dalam menggunakan M-Banking. Variabel teknologi, kepercayaan,
dan kemudahan berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat, dapat
dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel (44,056 > 2,707), dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai
koefisien determinasi (R Square) 60% variabel minat bisa dijelaskan oleh variabel
independen sedangkan sisanya 40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Teknologi, Kepercayaan, Kemudahan, Minat Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:39
Last Modified: 21 Feb 2023 01:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5412

Actions (login required)

View Item View Item