EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROMBLEM BASED LEARNING ) PADA MATERI KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DILINGKUNGANKU DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI AS’ADIYAH BELAWA BARU

A RAHMA, FEBY MULIA (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROMBLEM BASED LEARNING ) PADA MATERI KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DILINGKUNGANKU DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI AS’ADIYAH BELAWA BARU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of FEBY MULIA RAHMA.pdf] Text
FEBY MULIA RAHMA.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK
Feby Mulia Rahma, 2022, “ Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning) pada Materi Keberagaman Makhluk Hidup
Dilingkunganku Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI
As‟adiyah Belawa Baru” Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Palopo, Pembimbing (I) Kartini Dan (II) Rosdiana.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI As‟Adiyah Belawa
Baru pada materi keberagaman makhluk hidup dilingkunganku; (2) Untuk
mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa kelompok eksperimen
dengan siswa kelompok kontrol di kelas IV MI As‟adiyah Belawa Baru.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif, dengan metode
eksperimen yang terdiri dari 9 langkah-langkah proses penyusunan, yaitu: (1)
menentukan masalah, (2) menentukan rancangan solusi untuk masalah, (3)
menentukan sampel, populasi dan hipotesis, (4) mempersiapkan perangkat,
instrumen dan lainnya, (5) melakukan uji coba instrumen, (6) melakukan uji coba
validitas dan reliabilitas, (7) melaksanakan penelitian, (8) uji coba hipotesis, (9)
menarik kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di MI As‟adiyah Belawa Baru, yang
bertindak sebagai objek penelitian adalah siswa kelas IV MI As‟adiyah Belawa
Baru yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
observasi, wawancara, dokumentasi, dan Tes. Teknik analisis data yang
digunakan peneliti yakni, uji n-gain, uji normalitas dan uji homogenitas.
Penelitian ini menunjukan nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan
pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang telah di uji
validitas dan reliabilitasnya menggunakan aplikasi spss. Hasil validitas diperoleh
α > , sedangkan reliabilitasnya diperoleh Cronbah's Alpha 0,900 > 0,632,
dapat disimpulkan bahwa tes penelitian ini valid dan reliabel. Sedangkan untuk
hasil pretest siswa pada kelompok ekperimen dan kontrol masil-masing diperoleh
nilai rata-rata 66 dan 63. Nilai posttest pada kelompk eksperimen dan kontrol
masing-masing diperoleh rata-rata nilai 86,7 dan 75,3. Perhitungan uji n-gain
memperoleh persentase 60% dengan kategori cukup efektif pada kelompok
eksperimen, dan memperoleh persentase 32,9% dengan kategori tidak efektif pada
kelompok kontrol. Data yang diperoleh telah terdistribusi normal dengan nilai
yang diperoleh 0,200 > 0,05. Pada penelitian ini terdapat perbedaan rata-rata hasil
belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dapat
diketahui dari hasil uji hipotesis dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dapat
disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keberagaman Makhluk Hidup, Pembelajaran Berbasis
Masalah

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:24
Last Modified: 21 Feb 2023 06:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5428

Actions (login required)

View Item View Item